Senin, 15 Oktober 2012

Mengenal Menu PowerPoint Microsoft Office 2003

Icon PowerpointIni artikel berasal dari website saya yusfah.web.id yang sudah diblokir karena enggan ngirim duit,he5. Iseng-iseng diposting saja, karena mau menulis artikel yang baru masih malas.PowerPoint adalah salah satu program yang terdapat dalam Microsoft Offic. Microsoft Office PowerPoint sering digunakan saat presentasi atau pembelajaran di lembaga pendidikan agar lebih menarik dan mempermudah penyampaian materi. Artikel ini untuk tingkat pemula seperti saya, yang kadang tidak tahu istilah-istilah IPTEK. Sebelum memulai menggunakan PowerPoint Office 2003, sebaiknya sedikit banyak kita mengenal menu-menunya.

Untuk memulai PowerPoint tentu yang pertama kali harus dilakukan menghidupkan komputer (hik hik). Selanjutnya klik Star Menu – All Programs – Microsoft Office – pilih Microsoft Office PowerPoint. Tampilan PowerPoint :

Gambar menu Powerpoint
Gambar Kanvas Kerja Powerpoint
Keterangan:
Nomor 1 namanya Menu Bar. Menu Bar terdiri File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Slide Show, Windows dan Menu-Help. Setiap Menu di atas mempunyai perintah yang berbeda-beda, contoh :Menu-File : New (document baru), Open (membuka file), Save (menyimpan), Save As … (menyimpan sebagai : maksudnya sebagai file baru, yang lama tetap ada). 
Menu-View : Normal, Master (Slide Master), Task Pane dll.Menu-Format : Background (latar belakang kanvas), Slide Design dll… Dll lagi ya …
Nomor 2 namanya Task PaneTask Pane terletak di sebelah kanan layar kanvas. Task Pane mempercepat kerja mengolah kanvas. Apabila Task Pane belum tampil, maka pilih Menu-View, klik Task Pane, maka akan tampil disebelah kanan kanvas kerja. Beberapa menu Task Pane yang perlu diketahui untuk mempercepat kerja antara lain :
New Presentation (membuat dokumen atau kanvas kerja baru).Slide Layout. Desain atau model tulisan di kanvas.Slide DesignDesign Template: desain atau model background (latar belakang) kanvas yang telah ada (CATATAN: gambar dapat diganti sesuai keinginan kita). Color Schemes: pilihan warna template (background) yang kita pilih. Animations Schemes: bentuk animasi obyek ehm… ehm…. Muncul dan keluarnya obyek di kanvas kerja. Obyek dapat berupa tulisan maupun gambar.Customs Animation. Fitur untuk membentuk animasi obyek (tulisan/gambar). Customs Animationmempunyai 2 tombol pilihan: Add Effect dan RemoveRemove berfungsi untuk menghapus effect obyek, atau bisa melalui tombol delete di keyboard. Tombol Add Effect berisi pilihan:
Entrance : bentuk munculnya obyek.Emphasis : model animasi obyek setelah tampil supaya lebih hidup dan menarik.Exit : keluarnya animasi obyek setelah ditayangkan.Motion Paths : pergerakan obyek, setelah Entrance (muncul), Emphasis maupun Exit.
Gambar drawing toolbar
Gambar Drawing Toolbar
Nomor 3 namanya Drawing Toolbar. Sekumpulan ikon yang terdapat beberapa fungsi berbeda, seperti:Auto Shapes untuk membuat bermacam-macam bentuk garis, kotak maupun lingkaran;Tex Box untuk membuat sebuah obyek yang terpisah dengan obyek lain;WordArt untuk memilih model tulisan yang lebih variatif;Fill Color untuk mewarnai background suatu obyek;Line Color untuk memberi warna garis tepi obyek;Font Color mewarnai font;Shadow Style untuk memberi efek bayangan obyek; dan lain-lain tentunya.
Nomor 4 namanya Slides. Sory…, tidak tahu namanya, berfungsi menampilkan kanvas kerja yang sedang dikerjakan.
Tunggu artikel selanjutnya tentang Microsoft Office … Itu dulu bagian-bagian dasarnya. Silahkan mulai bekerja. Maaf, terima kasih dan semoga bermanfa’at.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar