Minggu, 12 Agustus 2012

Wujud Becak di Negeri Paman Sam

Ternyata tidak cuma Indonesia yang punya becak. Di Orlando, negara bagian Florida, Amerika Serikat, becak-becak hilir mudik di seputaran wilayah International Drive. Namanya memang bukan becak, tetapi paddycab.

Menurut Paul Blake (48), salah seorang pengayuh becak, paddycab hanya ada di kota Orlando dan beroperasi di seputaran International Drive. Kawasan International Drive dipenuhi lokasi hotel dan pusat jajanan di kota turis Amerika itu. Di kawasan itu juga terdapat Orange County Convention Centre yang merupakan tempat pertemuan, pameran, simposium, dan kegiatan lain yang nyaris tidak pernah sepi sepanjang tahun.



“Setidaknya ada lebih dari 20 paddycab di Orlando. Kalau siang memang agak sepi, karena masih banyak taksi, bus, atau angkutan umum. Saat malam, jumlahnya lebih banyak karena angkutan untuk jarak dekat sudah sangat jarang. Kalau mau jalan kaki terasa jauh, tetapi terlalu dekat untuk naik taksi. Taksi biasanya enggan membawa penumpang untuk jarak pendek,” ujar Paul.

Gaya pengayuh becak di Amerika pun sangat kontras dengan abang becak yang ada di Indonesia, bagaimana tidak ongkos atau tarif yang dikenakan saja bisa sepuluh kali lipat atau bahkan lebih dari tarif becak di Indonesia. Jika ongkos di Indonesia berkisar antara 5 ribu sampai 20 ribu, tarif becak di Amerika berkisar antara 5 dollar sampai 20 dollar.

Waduh, kalau saja tarif becak di Indonesia sama seperti di Amerika tentu becak bukan lagi kendaraan alternatif saat kantong lagi seret. Tapi setidaknya ada lagi yang bisa kita syukuri dengan tinggal di Indonesia : ongkos becak ringan di kantong. (Sumber: Jawaban.com)

Sumber : http://kolom-inspirasi.blogspot.com/2012/01/wujud-becak-di-negeri-paman-sam.html#ixzz23OndAPh5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar