Minggu, 12 Agustus 2012

Trik Puasa Agar Berhasil













Puasa adalah suatu kewajiban bagi umat muslim yang taat. Puasa sangat membantu kita mengatasi nafsu,karena dengan berpuasa kita akan berlatih melepas. Jangan pernah anggap puasa itu tidak bermanfaat,karena secara tidak sadar,puasa itu mengajari kita hidup tanpa bergantung. Hal ini tentu akan memberikan kita pengalaman untuk bertahan dalam situasi yang sulit.

Ketika puasa,kita harus bisa menahan berbagai nafsu. Nafsu makan,nafsu seks,bahkan nafsu berpikir yang seronok. Nah..Apakah puasa itu ada triknya,agar selalu berhasil? 
Admin pastikan ada,oleh karena itu,admin akan share sedikit triknya:

1. Menghindari berbagai kontak;
Kemunculan nafsu kita,selain dari pikiran,adalah berasal dari kontak kita terhadap objek. Dalam hal ini,ketika mata melihat sesuatu yang seksi,maka kebangkitan nafsu bisa sangat cepat terjadi. Cara paling efektif adalah menghindari berbagai kontak tersebut. 

2. Berdamai dengan berbagai nafsu
Saya bilang berdamai,bukan berarti menuruti keinginan nafsu. Agar lebih mudah,admin beri contoh saja. Ketika kita secara tidak sengaja,dalam keadaan yang sangat lapar,melihat orang lain sedang makan (ini orang lainnya gak puasa,gak kuat imannya tuh..),kemudian nafsu makan kita langsung muncul. Pikiran / Suara hati akan langsung memberitahukan,bahkan memerintahkan kita untuk menikmati apa yang dinikmati orang lain tersebut.

Ketika itu telah terjadi,maka cara efektif untuk berdamai dengan nafsu tersebut adalah dengan cepat mengatakan dalam hati,"Pikiranku,saya tau,kita sangat ingin menikmati hidangan tersebut. Tetapi,saya sedang berpuasa,oleh karena itu,saya akan membiarkanmu menginginkan hidangan tersebut tetapi saya tidak akan melarangmu sedikitpun"

Intinya,kita melepas semua keinginan tersebut,nafsu yang ingin memperbudak kita. Tetapi kita harus tulus,tidak ada niat untuk menahan nafsu. Alhasil,biasanya(menurut pengalaman),nafsu/pikiran kita akan luluh dan tidak lagi menginginkan pemuasan.

Ada banyak trik lainnya,yang intinya mengendalikan pikiran kita agar mampu menahan diri dari tidak berpuasa. Saya ingin berbagi semuanya, tetapi karena keterbatasan waktu,maka cukup 2 trik diatas saja ya..Semoga puasanya lancar..^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar