Sabtu, 18 Agustus 2012

Sejarah Singkat Google



SABTU, 02 JUNI 2012

Sejarah Singkat Google


Siapa yang tidak menenal GOOGLE? Sebuah mesin pencari yang sangat diminati oleh pengguna internet. Selain menawarkan kemudahan juga banyak fasilitas menarik dan bermanfaat yang tersembunyi dibalik kecanggihannya.

Pada tahun 1995 terjadi pertemuan yang tidak disengaja antara Larry Page, seorang alumni dari Michigan University yang sedang menikmati liburan akhir pekan di bekas kampusnya tersebut dengan Sergey Brinyang masih berstatus sebagai mahasiswa Michigan University. Setelah pertemuan yang tidak disengaja tersebut keduanya sering berdiskusi dan berbagi pendapat dalam dunia cyber.

Suatu ketika muncul diskusi diantara mereka tentang bagaimana memecahkan masalah atau tantangan dalam dunia cyber, yakni bagaimana menemukan sebuah data diantara tumpukan jutaan data yang tidak tersusun.

Awal 1996, keduanya mulai mengebangkan ide pembuatan sebuah mesin pencari dengan nama BackRub. Proyek mereka mulai tercium dan menyebar keseantero penjuru Michigan University. Hingga tahun 1998 proyek yang mereka kembangkan telah sempurna.

Permasalahan mulai muncul dimana mereka memerlukan investor untuk dapat lebih mengembangkan proyek ini lebih sempurna. Andy Bechtolsheim teman sekampus mereka yang juga pendiri Sun Mycrosystem adalah orang yang melirik proyek ini dan memberikan kucuran dana sebesar 100 ribu dollar As.

Bertambah lagi sebuah permasalan yang timbul. Andi membubuhi cek tersebut dengan nama GOOGLE sebagai perusahaan yang berhak mencairkan cek tersebut. Larry dan Sergey mau tidak mau harus mendirikan terlebih dahulu perusahaan dengan nama GOOGLE agar pihak bank mengakui dan mau mencairkan dana. Akhirnya pada 7 September 1998 perusahaan Google di dirikan di California.

Semenjak itulah Google yang tadinya proyek bernama BackRub dikenal oleh kalangan pengguna internet sampai saat ini.

Itulah sekilas tentang sejarah Google.

Eits… tunggu dulu! ada yang menarik tentang penamaan google. Andy tampaknya terinspirasi oleh sesuatu ketika ia mempelajari dan akhirnya membuhuhi nama google pada cek yang ia berikan.

Istilah yang digunakan oleh Milton Sirrota yang merupakan keluarga dari Edward Kasner, ahli matematika terkenal yang berasal dari Amerika yang menjadi alasan andi membubuhi nama google sebagai perusahaan penerima kucuran dana yang ia berikan.

Google adalah persamaan istilah dari kata Googol yang Milton ciptakan untuk menamai angka satu (1) yang diikuti oleh seratus buah angka nol (0). “silahkan anda bayangkan nilainya”. Ini menandakan bahwa google adalah sebuah mesin pencari yang bisa mengidentifikasi hasil pencarian database dengan jumlah yang pantastik.

Selain hal unik diatas, jumlah hurup o pada google akan muncul sebanyak halaman database yang ditemukan oleh mesin pencari ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar