Kamis, 09 Agustus 2012

Razor - The Lightning Revenant




Razor is lightning incarnate. It is a living being, capable only of unleashing it's tremendous electrical power to anything and everything nearby. The only indication of sentience from it is its ability to control its surges, which never seems to actually strike any it would call friend. Like its namesake, it cuts to the bone, with speed and accuracy, sometimes jumping from one thing to another. Its unnatural form gives it speed, and a thirst for blood. It is a force to be reckoned with, and only the strong dare face it.

INTRO



Razor adalah semi-carry. memiliki kecepatan missile attack yang tinggi, sangat cepat mengenai sasaran, bahkan tercepat kedua di DOTA, setelah peluru dari Kardel Sharpeye.

Razor termasuk hero yang tidak mudah dibunuh, atau dengan kata lain km harus membayar banyak HP untuk bisa membunuhnya, skill2 pertahanan dan penyerangnya sama2 bagus dan mendekati 'sempurna'.

Biasanya di late game, razor termasuk ancaman terbesar untuk tim lawan.


Spoiler Statistik Hero




Keunggulan dan Kelemahan

Keunggulan :
1. Semicarry yang paling mudah creeping ( farming )
2. Hero Killer yg hebat dgn pertahanan yg gila di late game.
3. Attack speed yang sangat baik
4. mudah memakai skill2x dibanding hero2 DPS lainnya.


Kelemahan :
1. HP yg sangat sedikit di early game. Gampang dibunuh.
2. Hero petarung jarak dekat, padahal dia tipis
3. Kebanyakan item2 mahal yg di beli, ga 100 % berguna untuknya, karena skill2 nya lebih menutupi kebutuhan razor.


SKILL

Plasma Field


Razor release a wave energetic plasma which grows in power as it extends outwards. Deals damage to units both on expansion and on contraction. The further the plasma is from razor the more energy it has.
Level 1 - Min 80, max 140 damage.
Level 2 - Min 120, Max 210 damage.
Level 3 - Min 160, Max 280 damage.
Level 4 - Min 200, Max 350 damage.

Cooldown : 14s

Salah satu skill baru dari Razor, skill damage ditambah lagi ke razor, yg dulunya adalah skill frenzy untuk menambah attack speed. Skill ini mengeluarkan smacam plasma di permukaan tanah dan menyebar menjauh di sekeliling razor, dan semakin jauh plasma tu dari razor, damage yg akan di terima yg terkena akan semakin besar. Min dan max maksudnya adalah damage yg diterima musuh paling sedikit yg berarti plasma itu mengenai musuh di jarak yg sgt dekat dgn razor, begitu pula sebaliknya untuk Max.



Static Link


Taps into the energy of a target hero, creating a charged link between Razor and his foe. As long as this link is maintained. Razor will continue to steal damage from the target and adds it to his own. Drains up to 8 seconds. Bonus Lasts 18 seconds after that.
Level 1 - 7 attack damage/ second.
Level 2 - 14 attack damage/ second.
Level 3 - 21 attack damage/ second.
Level 4 - 28 attack damage/ second.
Cooldown: 25 Detik


Pengganti dr chain lighting, klo dulunya chain lighting adalah skill ber-damage, kali ini skill ini mirip dengan skill ‘ONE’ nya syllabear, tp yg ini, damage yg di setarakan, menurutku lebih cocok dibilang ‘dicuri’ sih. Jadi hero yg terkena skill ini attack damage nya akan berkurang sedikit demi sedikit, dan attack damagenya masuk ke tubuh razor, dgn kata lain attack damagenya hero itu akan terkirim ke razor,sehingga attack damage razor akan bertambah sedikit demi sedikit juga.



Unstabble Current


Razor’s very body is a constantly shifting miasma of dark energy. This unnatural state allows him to move with supernatural speed, and any foe foolish enaugh to launch a direct magical assault him will have their boldness rewarded with a shock of purging elecrity.
Level 1 - 3% Movement speed. 40 damage
Level 2 - 6% Movement speed. 70 damage
Level 3 - 9% Movement speed. 100 damage
Level 4 - 12% Movement speed. 130 damage


Durasi Purge : 0.3/0.6/0.9/1.2 detik

Musuh (hero ) yang nyerang razor dengan spell, akan terkena damage + purge. Tapi untuk efek serangan ‘panah’ tidak akan terkena purge. Skill ini hanya menyerang balik spell bertarget, artinya klo musuh nge-klik kamu, dia akan terkena purge, tapi klo tidak , ya tidak kena juga. Misalnya Impale LION, klo lion nge-klik kamu saat menggunakan impale, dia akan terkena purge, tapi klo Cuma klik Tanah, tidak akan kena purge.


Eye Of The Storm

The lightning Revenant calls upon a powerful storm of crackling energy. Which strikes weakened enemies with deadly botls of lightning. The storm is charged with razor malevolent will, and will seek out only the most injured targets for its armor shattering blasts.
Level 1 - lasts 20 seconds. 37.5 damage per strike. O.85 (0.7*) seconds per strike.Cooldown 80

Level 2 - lasts 25 seconds. 50 damage per strike. O.75 (0.6*) seconds per strike. Cooldown 70

Level 3 - lasts 30 seconds. 62.5 damage per strike. O.6 (0.5*) seconds per strike. Cooldown 60


AoE : 500/380 (unit/building*)
Mana cost : 100/150/200
(*) Dengan Aghanim's Scepter

Skill yg sangat mengerikan, karena secara pasif skill ini hanya menyerang lawan yg paling seikit HP nya. Itu berarti skill ini sgt efektif untuk menghabisi lawan yg udah hampir mati. Bedanya dengan storm seeker, skill ini harus diaktifkan dan punya durasi, serta memerlukan mana. Tapi strom seeker menyerang semua lawan yg ada di dekat razor dgn durasi 1 atau 1.5 detik perserangan dgn damage yg besar. Untuk skill baru ini, hanya menyerang 1 musuh yg HP nya tinggal dikit,tp dgn durasi yg jauh lebih cepat, namun damage yg jauh lebih sedikit. Saya yakin, skill ini lah yg menggeser frenzy. ^^

Dengan aghanim's Scepter Eye of the strom sudah bisa menyerang bangunan, kecuali ziggural/moon well.


SKILL BUILD
Level 1 Plasma Field
Level 2 static link
Level 3 Plasma Field
Level 4 Plasma Field
Level 5 Unstabble current
Level 6 Eye of The storm
Level 7 Plasma Field
Level 8 Static link
Level 9 Unstabble current
Level 10 Unstabble Current
Level 11 Eye of The storm
Level 12 Static Link
Level 13 Unstable Current
Level 14 Static Link
Level 15 Bonus Stats
Level 16 Eye of The Storm
Level 17 STats
Level 18 Stats
Level 19 Stats
Level 20 Stats
Level 21-25 Stats


Plasma Field : Dibutuhkan di early game, karea chain lightin uda diganti, jadi skill pertma razor ini yg dipakai untuk creeping.

Unstabble current : di mid game, sangat berguna untuk membantu creeping, knapa ga di early game? Tentu aj skill utama creeping razor kali ini adalah plasma field,sedangkan unstabble ini hanya sebagai bantuan,.

Static Link : Penting buat carry untuk bertahan lama dan klo bs sih menguasai lane di early game, nah.. skill ini bs membantu razor mendapatkan damage di ealry, meski yang akan didapatnya ga gede2 amat, yang pasti udah 'mengungguli' lawan di lane, di ealry game, 1 level aj cukup. skill ini baru akan terasa 'enak' kalau attack damage musuh uda gede2 di mid-late game.

Eye Of The Storm : ga ada alasan untuk ga ngambil skill ini di level 6,11,dan 16. Skill yg amat kejam.



ITEM BUILD DAN GAMEPLAY

Sperti biasa, item2 awal yg biasanya kamu beli, seperti tango, healing slave,iron wood, circlet,dll.

Item Early

WRAITH BAND

Bukan berarti km ga butuh HP, tp klo dilihat dr skill2 pertahananmu yg oke bgt, mending beli wraith yg murah namun bs nambahin damagemu,beli 2 wraith lebih baik


BOOTS OF SPEED

Nambah 50 MS, item core seluruh hero, no explanation needed!


VANGUARD

Beli ini untuk solusi dr kurangnya HP km di early game, klo lawan km banyakan hero2 nukers (hero2 yg banyak spell2 penyerangnya), beli Hood of deviance. Ini juga sangat membantu kalau kamu 1 vs 1 saat mengaktifkan Ulti.




Gameplay Early

Drafting...

Jangan Pick Razor:

1. Kalau lawanmu banyak hero range. Unstable Current-mu tidak berguna.
2. Tim kalian kekurangan Initiator dan support.
3. Kamu malas ngeGank


Pick Razor:

1. Kalau lawanmu bergantung dengan heavy physical damage (Sven, Traxex, Venge, dll.)
2. Tim kalian kekurangan carry.
3. Ingin cepat-cepat push tower.
4. Sudah mengerti bagaimana cara memainkannya.


Role

Carry/Semi-Carry = Semi..
Ganker/Disabler/ Warder = Ouyah pasti...
Nuker/Pusher = Ya.
Full Support = Jangan...
Initiator = Don't...
Tanker/Semi-Tanker = Tidak!


Lane

Setelah pilih razor, beli 1 circlet,1 tango, 1 slippers, dan 3 ironwoodbranch. Sebenarnya terserah km, tp klo ga amau rugi, tetap beli resep2 untuk jadiin item core.


Main solo atau main dual ga masalah buat razor, jadi klo di tim km ga ada hero solo, km aj yg isi solo mid. Klo main solo yg bukan mid km mesti hati2, meski km tipe range, km ga bakal bs mendominasi line dengan 2 musuh seorang diri.

Untuk razor yang main solo, nah.. di mid ( line solo km ), seperti byasa, kenapa harus ada 1 hero main solo, karena hero main solo adalah byasanya hero2 killer, yg emang sengaja main solo untuk bs dapat level dan duit yg lebih tinggi di early game. Dengan bantuan hero2 solo, hero2 non-solo bisa dibantu untuk membunuh lawan se-line-nya.

Razor bisa main solo karena attack rangenya lumayan jauh, yaitu 550. Jadi jarak yg cukup jauh dr musuh. Tapi razor main solo bukan berarti harus mendominasi lawan dgn selalu nyerang lawannya, tp razor main solo untuk bisa creeping dgn baik. Razor adalah hero late game, ga mungkin nyerang tanpa item dan skill yg memadai, ga seperti hero2 intellegance. Jadi, kalau mau razor mu ‘jadi’, manfaatkan waktu early game untuk creeping di mid, jgn hiraukan klo musuh solox nyerang, main safe aj dgn mundur, nanti jg km bakal bebas membantainya.

Gunakan juga skill2 plasma field mu untuk creeping, jangan sering2 serang creep yg belum bisa di last hit, usahakan juga selalu deny creep yg udah bs di-deny, itu berguna supaya pertemuan creep mu dan creep lawan selalu ada di tengah2 dan ga mendekati tower, kalau creepnya ketemu di tower, km akan kesulitan untuk membunuh dapat uang.

Klo ada teman km pilih hero yg lebih cocok main solo ( sulit creeping klo ga main solo ), km main dual line aj di line atas atau bawah, dan tetap juga fokus dulu ama creeping, kecuali klo teman se-line km itu hero stunner, klo ada kesempatan... bokong lawan km. Dgn adanya hero stunner, bokong musuh jadi lebih mudah.

Jangan sekali2 maju klo creep mu nyerang tower lawan, mending nunggu di belakang aj. Dan klo creep lawan yg nyerang towermu, usahakan berada dekat2 creep lawan, itu kalau km udah ngambil skill unstable current ( level 5 ) dan HP mu masih banyak.

Intinya jangan main agresif dulu di early game, main safe aj, dan fokus creeping untuk dapat duit sebanyak-banyaknya. Apalagi jangan terlalu bernafsu bunuh hero lawan yg uda bs di last hit tp kabur melewati towernya, biarin aja dulu kabur, bisa dibunuh lain waktu kok.




Item Mid
Phase Boots


Menambah damage, dan bisa untuk nembus unit. Juga sangat membantu ngejar saat transfer damage dan menggunakan Eye of the Storm.


MAELSTORM

Item yg sangat matching untuk razor, razor yg punya skill-skill petir akan lebih keren dengan item ini, hhay.. Ok, Serius item ini orb yang paling cocok buat Razor! Sebenarnya tujuan beli ini adalah untuk mendapatkan Mjolnir. Kenapa Mjolnir Core Razor? penjelasannya di item core Late Game.


Sange and Yasha


Semua Hitter sangat butuh ini! MS, damage, dan slow attack.




Gameplay Mid

Apa sudah saatnya berburu ? belum boss..., di mid game peranmu adalah pusher, yaitu tetap main line, pushing, hancurkan tower lawan. Kalau km punya Boots of travel akan lebih mudah, creeping di line yg sedang kosong, klo di early game km main solo, pastinya level km lebih tinggi dr teman2 km, tp di mid game utamakan push markas lawan dan farming.

Meski gitu, klo ada teman km lg diserang atau dikeroyok, langsung teleport kesana dan tolong dia. Tujuannya adalah biar musuh km ga dpt duit dr membunuh teman km, itu berguna memperlambat lawan2 kamu untuk membeli item core mreka juga.

Klo menurutmu mlakukan push dan creeping itu membosankan, silahkan saja ikut teman2 mu di war, tp jangan sampai mati, klo item2 mu belum pada jadi, km ga punya cukup peluang untuk membunuh. Tapi, slalu ingat, klo km akhirnya mati waktu ikut war, fokus ke creeping lagi, di late game km punya banyak waktu untuk membalas mereka.

Bokong lawan bukan ide yang bagus untuk razor, razor ga punya skill2 ‘ganking’, rata2 skill nya emang untuk creeping doang. Tp klo teman ganker mu itu hero stunner, patut di coba.

Meski skill creeping mu itu juga bs skalian skill pertahanan, namun sering kali razor adalah santapan utama bokongan, karena mungkin saja HP mu paling sedikit diantara teman2 mu. Jadi klo uda liat di map ga ada satupun lawan, klo bukan sedang nyerang roshan, ya ngincer km, jadi segera teleport ke markas untuk jaga2.



Item Late

MJOLNIR


Orb yang paling tepat buat Razor. Karena Razor memiliki skill static Link dan ulti Eye of the storm. Jadi Razor terpaksa harus bertarung jarak dekat dengan target, dan beginilah caramu mendominasi sekaligus pertahananmu saat bertarung 1 vs 1. Kamu akan sangat diuntungkan dengan static charge Mjolnir, apalagi kalau hero melee. Dengan begini Siapapun yang berusaha menyentuhmu akan terkena segala jenis sengatan petir yang menyakitkan!


EYE OF SKADI

Nah, ini yang jadi pertanyaan. kenapa membeli Skadi setelah Mjolnir, padahal keduanya Orb dan Buff Placer. Ok, akan dijelaskan dengan bahasa sederhana. Pertama, Eye of Skadi BUKAN orb untuk hero range (termasuk razor), jadi petir Mjolnir tetap bisa terpicu.

Kedua, Buff placer Mjolnir hanya akan keluar saat petirnya terpicu, jadi buff placer Slow skadi akan selalu keluar selama petir Mjolnir tidak terpicu. Dan sebagai hero yang harus selalu dekat dengan target tentunya kamu butuh slower attack juga. Ok kayaknya sudah jelas, kamu tetap bisa ngeslow seperti biasa karena petir Mjolnir juga hanya keluar sesekali saja :)



ALTERNATIF

Lothar's Edge

Sebenarnya item ini akan membantu menyerang target Eye of the storm dengan aman, juga berguna buat kabur/ngejar, tapi harus tetap waspada dengan musuh yang memiliki True Sight (skill/item)


HOOD OF DEVIANCE


Item ini pengganti dr vanguard, klo lawan2 mu banyakan hero2 nukers, yg punya banyak spell damage aktif dan banyak mana seperti zeus, death prophet, lina, leshrac.


STYGIAN DESOLATOR

Klo ga mau beli skadi, beli desolator aj, bs ngurangin armor lawan, makin mudah membunuh lawan.


satanic


Juga alternatif orb yang sangat tepat buat Razor, static link akan membuat lifesteal yang dihasilkan.. well.. mungkin bisa melebihi hero-hero lifestealer di mid game :)


LUXURY

THE BUTTERFLY

Nah dr item ini baru nambahin attack speed yg skalian nambah damage dan juga bs evasion ( musuh bakal miss2 nyerang km ). Aku ga yakin kalau km bakal bs beli item ini di mid game, tp kalau km creeping dgn baik atau km uda mendominasi battle (bukan berarti IMBA, ^^ ), km pasti bisa membelinya. Cara belinya biar ga ribet mesti disamble dl, beli quarterstaff dulu, trus beli TALISMAN OF EVASION baru eaglehornnya, jadi meski km bawa maelstorm kalau eaglehornya dibeli terakhir yg jadi tetap The butterfly, bukan Mjolnir...


BOOTS OF TRAVEL

Dgn boots of travel km bs lebih menguasai map, jadi km bs bantu teman2 yg dibokong di mana pun tanpa harus berjalan. Slain itu MS km akan bertambah banyak lagi dgn unstable current level 4.


RADIANCE

Klo item core uda di pegang, mending beli item ini, meski megang item apapun tetap bs ngefek sm item ini, dan item ini juga ngefek sama skill unstable current, artinya radiance tetap ngurangin HP musuh tiap detik, dan unstabble current juga tetap nyerang musuh.


Aganhims Scepter


Mengimprove ultimu.. Jadi bisa nyerang banguanan (kecuali moon well di sentinel/ziggurat di Scourge)


MONKEY KING BAR

Boleh juga beli item ini, menambah attack speed, tp kenapa item ini ga masuk item core maupun alternatif?. Karena item ini hanya sebagai pelengkap aj, untuk nambah damage dan attack speed, serta bonus damage, sepertinya razor butuh item yg bisa memberikan efek yg slain dari itu,misalnya slower, akan berguna untuk MS razor yg tinggi.


BURIZA DO KYANON

Sama saja, dgn penjelasan di monkey king bar.



Gameplay Late

Late game, byasanya semua lawan akan takut dr hasil creepingnya razor di early dan mid, dgn kemampuan creepingnya razor, mestinya item2 razor itu udah berbahaya, emang benar.

Dan klo ada musuh yg bisa ngurangin HP razor dgn banyak, mestinya musuh itu juga harus membayar dgn HP yang besar pula. Sering kali musuh itu yg malah kabur, dan secara perlahan2 akan mati juga dalam pengejaran, palagi klo udah megang skadi dan eye ot the storm level 3.

Mungkin uda saatnya berhenti creeping, di late game, km akan seperti balanar di malam hari, km mestinya udah menguasai map, artinya dgn kecepatan lari dan item boots of travel mu, km mestinya uda bisa ada di setiap war.

Kali ini biarkan teman2 km yg creeping kalau duit berdatangan ( creep lawan dgn jumlah banyak, nyerang tower markas di line atas atau bawah). Kamu harus fokus untuk untuk defense line yg ada hero2 musuhnya.

Lakukan push ke markas lawan, hancurkan towernya, klo ada yg hero lawan yg mencoba deense, utamakan bunuh spell casternya, byasanya spell caster di late game ga bgt berguna lg, alias damage dr spell2 mreka udah geli2. Tp karena sering kali mreka nyerang di dr belakang, fokus ke stunnernya aj.

Dengan banyaknya item2 yg kamu pegang di late game hasil creepingmu, kamu udah pasti bs dapat GODLIKE.. gmana..?


ALLIES

OMNIKNIGHT


Hero ini betul2 memberi pertolongan penuh, menutupi segala kekuranganmu yaitu untuk magic imunity, nambahin HP km, dan guardian angelnya ...wooah!


TREANT PROTECTOR

Living armornya, tau sendiri kan, sangat berguna buat razor, slain nambahin armor, HP regen juga. Bahkan klo km se-line,km ga butuh beli vanguard.Dan overgrowthnya, memberimu sangat banyak waktu untuk membuat musuh2 yg terperangkap itu berpikir untuk menyuruh temannya untuk membunuhnya, sebelum dibunuh oleh kamu.


SHADOW PRIEST

Kayaknya bahagia bgt klo di tim ada hero ini, palagi klo se-line.Slain bs dpt ‘heal’ gratis, Ultinya ‘weave’ emang bukan spell nyerang dengan damage yg besar, tp efeknya mengurangi armor musuh tiap detik, bahkan bs mencapai -20 ke atas. Dengan armor segitu, serangan apapun bisa berefek damage yg sangat besar.


LION

Free ‘guinso schyte of vyse’. Dgn bantuan ‘hex’ nya itu, km dapat banyak waktu untuk bs membunuh.


RHASTA

Sama dgn lion.



ENEMIES


BANE ELEMENTAL


Ini dia ‘pemangsa’ razor, dgn disable yg bs sampai 5 detik, bukan menguntungkanmu tp kalau km dikroyok saat dia ada, km ga bs apa2, kurang dr 5 detik aj km pasti mati. Dia juga punya spell yg bs ngurangin attack damagemu sampai 120%, sungguh menyebalkan..


RHASTA

Enak jadi teman, paling ga enak klo jadi musuh. Penjelasannya mirip kok ama bane elemntal, disable km dgn ‘hex’ nya, slain itu hero2 yg bawa guinso jg jadi ancaman.


Summoner/CLoners/Dominator

 dan lain-lain
Eye of the storm hanya menyerang 1 unit dan kita tidak bisa menentukan sendiri targetnya. Hero yang punya banyak unit bisa menjadi masalah.


LICH

Dia hanya berbahaya di early game, tp jgn salah... klo dya berhasil mendominasi permainanmu sejak di early game, dia bs menjadi sangat2 berbahaya sampai late game.


TINKER

Sama dengan lich, para ‘nukers (spell caster )


TROLL WARLORD

Langsung ke inti aj, pokoknya selesaikan game sebelum item2 troll warlord ‘jadi’. Klo terlambat bs berbahaya..


TERROR BLADE

Sama aj dgn Troll Warlord.


KESIMPULAN

Ayo tarik (lol) ambil kesimpulan soal razor. yaitu razor sekarang diberi skill2 yg memudahkan dia buat farming, jadi menguntungkan dia menjadi hero semicarry dr apa yg dia dapatkan dari farming, yaitu item2 mahal yg berbahaya.


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar