Kamis, 09 Agustus 2012

Pudge – The Butcher




An undead behemoth seemingly impervious to even the most potent magic, this starving abomination roams the battlefield, continually in search of unwary prey. It is said his victims catch only a glimpse of his monstrous frame as they are dragged them through the shadows, bleeding profusely as a jagged hook etches deeper in their flesh. Wails of agony echo in the distance, only to be drowned out by the Butcher's maniacal laughter as he severs their limp bodies with his great maw. Unspeakable horrors ensue in a deathly silence, a dreadful omen for what is to come.




INTRO


Pudge adalah hero STR yang memiliki potensi ‘mendapatkan’ stats STR paling banyak dari semua hero yang ada di DotA, lihat aj pertumbuhan STR nya, sampe 3.2 per level, belum lg dari skill ‘flesh meat’ nya.

Hero ini terbilang sadis, dia membunuh targetnya dengan cara yang ‘mengenaskan’. Teror dari ‘meat hook’ nya akan terus melanda pikiran musuh2 nya, mereka ga akan lepas dari matanya yang ‘tajam’ di balik hutan yang amat gelap, dan kapanpun dia berhasil ‘menangkap’ mangsa....saksikan ‘siksaan’ nya.

Dibutuhkan insting yang baik, slain itu diperlukan ketajaman mata, perhitungan yang teliti, ketepatan akurasi / angle, dan sense ‘dewa’, tp sebenarnya semua itu hanya dibutuhkan untuk menggunakan satu skill aj, skill yang membuat hero ini fun bgt dipake, skill utama yang merupakan KUNCI dari keberhasilan penggunaan skill2 nya yang lain, yang artinya, klo km ga bisa menggunakan skill itu dengan benar, km juga ga akan sulit menggunakan skill2 mu yang lain dengan ‘benar’.

Tapi ga bisa menggunakan skill itu bukan berarti kamu ‘selesai’. Hanya kamu ga akan merasakan enaknya pake hero ‘pencabut’ nyawa ini.

Spoiler Statistic Hero




Name: Pudge
Affiliation: STR Scourge
Strength*: 25 + 3.2
Agility: 14 + 1.5
Intelligence: 14 + 1.5
HP: 625 HP Regen: 1
Mana: 182 Mana Regen: 0.57
Damage: 52 - 58
Armor: 2.0
Movespeed: 285
Range: 128 (melee)
Attack Time: 1.49 (+14%)
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800 / 800



Keunggulan dan Kelemahan


Keunggulan

1. Kombinasi skill yang sangat baik untuk membunuh
2. stats dan pertumbuhan STR yang sangat tinggi, trus masih bisa bertambah lg dari flesh heap
3. Hook sangat berperan untuk keberhasilan di war (sbg pembuka war)
4. sangat berguna di team battle (war)


Kelemahan

1. ‘Melee’
2. Lemah di late game
3. MS dan AS yang parah
4. Armor nya sedikit
5. pertumbuhan AGI dan INT kurang
6. cukup sulit membunuh sendirian..




SKILL

Meat Hook


Launches a bloody hook at a unit or location. The hook will snag the first target it encounters, dealing damage then dragging the victim back to the Butcher. 

Level 1 - Deals 90 damage and drags the victim to the Butcher.
Level 2 - Deals 180 damage and drags the victim to the Butcher. 
Level 3 - Deals 270 damage and drags the victim to the Butcher.
 
Level 4 - Deals 360 damage and drags the victim to the Butcher.
 

Casting range:60
0/800/1000/1200
Area of Effect: 100

Mana Cost: 110/120/130/140
Cooldown: 14/13/12/11

Skill ini dibutuhkan ‘skill’ untuk menggunakannya, maksudnya penggunaannya ga semudah skill lain pada umumnya yang hanya dengan nge-klik dan musuh itu akan terkena. Ini termasuk satu dari skill2 yang sulit digunakan, karena diperlukan keahlian, ketelitian, logika dan sedikit ‘keberuntungan’ juga sih, dan kecerdasan pemakainya jg baru skill ini bisa dikuasai.

Hero ‘invisible’ juga bisa ditarik
, tp ga terkena ministunnya. Teman sendiri juga bs ditarik, tp ga akan terkena damage maupun ministunnya. Meat hook bisa nembus pohon, siege creep ( meat wagon, dll), batu, bukit, tower, atau apapun selain ‘unit’. Hanya ‘unit’ yang menyentuh UJUNG dari meat hook yang akan ditarik, jadi unti yang melewati/menyentuh ‘rantai’ nya aj, ga akan ditarik.

Teman yang sedang melakukan ‘channeling spell’ ga akan terhenti/ gagal mengeluarkan spell nya meski sedang ditarik oleh meat hook.

Untuk target yang punya linken’s sphere, klo km nge-klik si taget, linken’s spherenya akan terpicu, tp dia tetap ditarik dan terkena damage (karena meat hook bukan magic/spell). Tp klo km ga nge-klik target (hanya nge-klik di tanah) lalu meat hook mengenai target, linken’s spherenya ga akan terpicu.

Meat hook juga bisa menarik musuh yang Invulnerable, tapi tidak terkena damagenya. Misalnya menarik musuh yang terkena cyclone, raijin yang sedang melesat dengan ultinya atau Yurnero yang sedang omnislash, semuanya bisa ditarik.

command -st digunakan untuk mengetahui keakuratan penggunaan Meat hook mu seperti jumlah hero musuh yang terkena atau jumlah unit musuh dan jumlah miss yang dilakukan.

Tipe damage nya Pure!


Rot


Pudge releases the disease and filth inside of him, dealing intense damage and slowing surrounding enemies while hurting Pudge as well. 

Level 1 - 35 damage per second. Reduces movement speed of enemies by 20%. 
Level 2 - 60 damage per second. Reduces movement speed of enemies by 20%.
 
Level 3 - 85 damage per second. Reduces movement speed of enemies by 20%.
 
Level 4 - 110 damage per second. Reduces movement speed of enemies by 20%.
 

Area of Effect: 250
 
Duration: Until deactivated

Mana Cost: N/A
Cooldown: N/A

Skill ini sangat berguna terutama klo km udah nge-gap lawan dengan combo meat hook-dismember. Skill untuk perarungan ‘melee’mu. Selalu ingat! Skill ini juga ngurangin HP mu, jadi gunakan sebaik mungkin.

Bisa diaktifkan saat sedang ‘channeling’(menggunakan) dismember, tanpa menghentikan efek dismember. Klo km kena ‘silence’ saat skill ini aktif, km ga bs me-nonaktif-kannya sampai silence nya selesai. Bisa digunakan untuk bunuh diri. Hero ‘invisible’ juga bisa terkena. Damage akan dikurangi stiap 0,2 detik, dengan 1/5 dari damage/second tiap levelnya.

Damage dikurangi spell resistance lawan dan diblock oleh spell immunity.


Flesh Heap


Pudge is made of innumerable rotting corpses, giving him extra protection against spells as well as the chance to add more to his bulk. 

Level 1 - Gives Pudge 4% extra resistance to spells. +0.9 STR for each hero killed.
Level 2 - Gives Pudge 8% extra resistance to spells. +1.2 STR for each hero killed. 
Level 3 - Gives Pudge 12% extra resistance to spells. +1.5 STR for each hero killed.
 
Level 4 - Gives Pudge 16% extra resistance to spells. +1.8 STR for each hero killed.



AoE : 525


Skill yang sangat berguna, bisa nambahin kapasitas HP mu setiap waktu. Tp mnurutku yang paling penting adalah ‘extra spell resistance’ nya bisa dipadukan dengan tambahan spell resistance dari item2 yang nambahin spell resistance.

skill ini udah di ‘reworked’. Kali ini bukan hanya dari hero yang km bunuh untuk dapat stat STR, tp untuk berapapun hero yang mati di 525 AoE sekelilingmu, meski bukan km yang nge-kill/deny.

Km jg dapat stat STR untuk hero yang mati diluar 525 AoE itu, asal km yang membunuhnya (dgn meat hook bisa )

Membunuh ilusi/image juga bisa menambah STR mu, tp ga dapat STR klo ‘bunuh diri’.

Untuk melihat total STR yang udah kamu dapatkan dari skill ini, ketik –fleshstr, di ‘chat’ (khusus untuk yang pake pudge aj )


Dismember


Chows down on a target, causing excruciating pain. Lasts 3 seconds. 

Level 1 - 75 damage/second 
Level 2 - 125 damage/second

Level 3 - 175 damage/second

Dengan Aghanim’s Scepter:

Level 1 - 75 + 0.75x strength damage per second 
Level 2 - 125 + 0.75x strength damage per second

Level 3 - 175 + 0.75x strength damage per second 

Casting range: 160
 
Duration: 3 seconds (heroes) / 6 seconds (creeps)

Mana Cost: 100/130/170 
Cooldown: 30


Skill yang mengerikan, damage/ second + disable, membuat teman2 mu leluasa mukulin targetmu. Selama 3 detik. Gunakan dalam combo skill mu, byar target ga bisa kabur.

Untuk hero dgn magic immune, disable nya tetap ngefek, tp ga terkena damage sedikitpun. Target yang menggunakan skill/item untuk ilang ‘invisible’ saat terkena dismember, tetap terkena efek dismember dalam keadaan ilang.

Bisa diupgrade dengan aghanims’ scepter, dan selain meng-improve damage/second nya, aghanim juga membuat total damage yang km serap sama dengan damage yang kamu berikan ke target.

Skill ini diblock oleh linken’s sphere, dan km ga bs menggunakan dismember ke hero yang sedang terkena ‘overgrowth’, fiend’s grip, ultinya void, blackhole, dll ( yang sejenis )




SKILLS BUILD

1. Meat Hook
2. Rot
3. Meat Hook
4. Rot
5. Meat Hook
6. Dismember
7. Meat Hook
8. Rot
9. Rot
10. Flesh Heap
11. Dismember
12. Flesh Heap
13. Flesh Heap
14. Flesh Heap
15. Stats
16. Dismember
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

Skill build di atas emang kliatan monoton dan rapi. Meat hook dan rot harus diambil bersamaan di early game, skill untuk pertahanan dan untuk nge-bokong jg ( klo mau ).

Sebenarnya flesh heap juga bagus diambil di early, tp level 1 aj, byar km dapat beberapa STR lebih banyak sejak early game,lalu mentokin di mid game.

Dismember ambil kapanpun bisa diambil, byar km bisa melakukan combo skill.





Item Build dan Gameplay



EARLY ITEM

Item Awal :

Untuk yg main by1, klo mau, jadiin hood of deviance langsung, beli BoS, bottle, 2/3 bracer, dan klo bs sisakan untuk membeli observe ward ‘secukupnya’. Untuk yang main 5 vs 5, beli 2 gauntlet, 2 tango, dan 2 branch. Atau tambah dengan item dibawah..


Akan digunakan untuk menebang pohon tempat bersembunyi melakukan hook dan untuk menjebak musuh di tengah pepohonan itu.


ITEM CORE :

EMPTY BOTTLE


WAJIB!! Buat ‘predator’ kayak km. Beli sebelum km jadiin bracer, beli ini sebagai item awal sebenarnya ga bagus bgt. Bukan hanya kapasitas km yang kurang, tp klo km ga dapat PU , km hanya punya MODAL tambahan HP sebanyak 405 ( untuk mana, km ga akan terlalu membutuhkannya di awal ), dengan 2 tango aj (+690 HP ) udah menang, blom lg tambahan stats dr gauntlet dan branch. Okay, setidaknya km ga membuang2 potensi sejak ‘start game’.


BRACER


Nambah kapasitas sebagai modal awal. Beli 2 atau 3, terserah kamu. Klo mau beli 1aj, beli magic wand sebagai pengganti satuny lg. Lalu ada perubahan sdkt di item awal, satu gauntlet km ganti dengan 2 branch, jadi item awalmu = 2 tango, 1 gauntlet, dan 4 branch,


Boots of Speed


+ 50 MS


Observer's Ward






Early



Drafting...

Jangan pick Pudge:

1. Tim kalian ingin mencari Tanker. Sorry, Pudge is not a Tanker!
2. Malas nge-bokong.
3. Musuh-mu banyak Silencers.


Pick Pudge:

1. Kalau kalian butuh Ganker.
2. Musuhmu banyak carry.
3. Anda suka mengintai dan tiba-tiba menarik lawan.
4. Ingin menjebak disabler lawan untuk dihajar teman-temanmu.


Peran:

Carry/Semi-Carry = Nggak.
Ganker/Disabler/warder = Yes!
Nuker/Pusher = Boleh.
Support = ha?
Initiator = Jangan!
Tanker/Semi-Tanker = Semitanker aj..


Lane

Pudge cocok main solo, terutama Mid lane yang memberimu banyak titik untuk ngeHook. Tapi jauh lebih baik kamu main di lane bawah klo km sentinel atau lane atas klo km scourge, karena dikedua lane itu ada jauh lebih banyak titik ngeHook dan juga areanya lebih panjang. Jadi terserah apa kata tim, isi solo kalau tidak ada teman yang wajib solo.

Ga terlalu disarankan main di lane atas (sentinel), karena di lane bawah (sentinel) ada lebih banyak ‘titik’ untuk menggunakan hook meat daripada di lane atas. Dan ingat! Lakukan [creep blocking], dengan MS 285 sangat mudah buatmu untuk nge-block laju creep.




manfaatkan waktu di awal game mu dengan nge-last hit sebanyak mungkin, jadi creeping aj , jangan nge-bokong dulu, jangan serang hero nya dulu, meski HP mu paling tebal skalipun, tp armor mu tipis bgt, sabar bung...

Partner se-lane mu bagusnya nukers, byar kalian bs lebih menguasai lane, dan km lebih mudah ge-last hit. pertama kali km kembali ke fountain harusnya udah bs beli bottle, sepatu dan levelmu minimal level 6, tp sebaiknya hook mu udah mentok. TP klo km ‘sendirian’ di lane, mending lanjut creepin aj dulu.

Ga banyak yang bisa kamu lakukan di early game. Tp sebagai tips, klo hook mu udah level 3, bokong salah satu lawanmu, sembunyi di hutan, lalu tarik dia dan aktifkan rot, gebuk2 bareng temanmu, dan kalau itu ga berhasil membunuhnya, gapapa, usahakan HP nya udah tipis bgt, setipis yang bs membuat teman se-lane nya ngetik ‘b’ (back) = kembali ke fountain, sama artinya akan ketinggalan level ^^..

# Menggunakan ROT :

1. Ngejar lawan, Rot bs km gunakan untuk ngejar lawan yang kabur, tapi area efek slow nya cukup kecil, jadi usahakan sedekat mungkin dengan posisi lawan. Rot nge-slow sebanyak 20%, dan jg terkena damage, jadi km ga usah mukulin target klo menurutmu ga bisa / memungkinkan buat musuh untuk kabur, km hanya boleh memukul klo posisimu tepat disamping atau dibelakang target.

Spoiler Screenshot





2. Ngebokong, rot sangat berguna saat ngebokong, bisa menghemat penggunaan meat hook. Misalnya km nge-bokong bareng stunner, jadi setelah target di stun, langsung maju dan aktifkan rot klo km udah ada di depan target ( ke arah ‘pulang’ nya ), membuatnya tetap berada dalam area rot mu adalah tugasmu.

3. Creeping, skill dps ini sangat cocok digunakan creeping. Meski sekarang bunuh creep udah ga nambahin STR, gold tetap penting untuk jadiin item2, tp selalu ingat! Jangan creeping bareng teman ‘carry’ mu ( hero2 late game ), item2 mahal dari teman carry mu lah harapan tim mu di late game, hehehe

4. Bunuh diri, untuk situasi yang sangat buruk, HP mu udah merah bgt, dan beberapa serangan aj memungkinkan untuk membunuhmu, dan km dalam area yang ga aman. Aktifkan rot, lari/ berusaha menghindari serangan, lalu biarkan rot yang menghabisi HP mu, lakukan hal ini kapanpun dengan situasi yang sama, terutama di early game yang durasi ‘respawn’ mu masih singkat. itu akan membuat lawan frustasi karena telah susah payah berusaha membunuhmu tp malah ga dapat gold. TERUTAMA klo lawanmu zeus, specter, bunuh diri aj, sebelum mereka membunuhmu dengan ultinya, jangan berjalan ke fountain dgn HP tipis.


# FLESH HEAP

Skill ini udah ga nambahin STR dari membunuh creep. Jadi deny creep bukan lg prioritas, deny klo itu diperlukan aj. Km boleh ngambil ini di early game, byar km dapat tambahan STR lebih banyak, karena km jg akan melakukan bokongan di early game. Tp klo menurutmu ga memungkinkan untuk membunuh ga usah ambil skill ini dulu. Area skill ini sangat kecil, jadi klo mau dapat STR, ‘usahakan’ ada di area lawan, tp jangan dipaksakan, km bukan tanker kan..membunuh image atau ilusi juga nambahin STR mu, dan deny teman sendiri kurasa juga nambahin stats.






MID ITEM 

Phase Boots

Badan Pudge gede banget, tanpa ini kamu akan sulit mengejar musuh dengan Rot.


Hood of Deviance



Item yang WAJIB banget buat pudge. Spell resistance nya bs dipadukan dengan flesh meat mu, dan spell resistance itu mengurangi total damage yang kamu terima dari spell2 TERMASUK HP yang berkurang saat km menggunakan ROT. Dan satu kelebihan lagi, yaitu tambahan HP regen yang sangat km butuhkan di mid game. Berikut, total spell resistance yang km dapatkan dengan item ini dan flesh meat:

Resistance dengan Planeswalker's Cloak aj - 36.25%
Resistance dengan Flesh Heap (level 4, tanpa cloak) - 37%
Resistance dengan Cloak dan Flesh Heap - 46.4%
Resistance dengan Hood saja - 47.25%
Resistance dengan Hood dan Flesh Heap - 55.9%

KHADGAR’s PIPE


upgrade aj hood nya ke ini, jauh lebih berguna.





Mid Gameplay

Nah.. saat nya meneror lawan. Mid game adalah masa ‘produktif’ mu. Beli observe wards ‘secukupnya’ dan pasang di hutan/lane ( yang tertutup FoW pastinya ) dan berguna untuk nge-bokong. Kali ini setelah kembali dari markas, jangan pernah sekalipun muncul di lane, langsung masuk hutan, dan mulai mobil dari lane ke lane. Jangan pernah masuk ke area ‘creeping’ yang membuatmu terlihat, creeping bukan prioritasmu sekarang, dengan berdiam di fow aj ( ga muncul di map/mini map ) itu udah cukup membantu karena musuh akan terlihat lebih waspada.

Pasang ward di setiap sudut hutan, di sungai, lane atas, bawah, dan TERUTAMA di sungai tempat byasanya muncul PU. Isi bottlemu dengan PU setiap waktu, selalu ingat PU muncul tiap 2 menit. TP km ga harus nunggu PU dulu buat nge-bokong, kapanpun km udah punya level 1 dismember km udah bs melakukan combo spell (dari satu hero aj ) yang sangat mematikan, di level 7 aj, km udah bs menghasilkan 700++ damage dgn combo spell2 mu. karena itu hutan adalah rumahmu, creeping di hutan aj, dan kalau ada yang melintas di lane maupun di hutan, ‘tarik’ dia dan habisi.

Selama menjalankan tugas di dalam hutan( nge-bokong lawan ) ada tugas utama yang jangan sampai km lupakan, yaitu selalu nge-bokong hero ‘carry’ nya, hero berbahaya di late game. Musuh yang harus selalu km bokong adalah hero itu, jangan biarkan item2 nya jadi.

# Menggunakan Dismember :

- Gunakan untuk melakuakn combo hook-rot-dismember, dismember sangat berguna klo km narik hero2 blink seperti magina, Qop, karena mencegahnya melakukan blink. Juga bs membuatmu selamat dari skill berbahaya seperti ‘sunder’ (TB).

- Skill ini bs digunakan untuk magic immunity, tp dia hanya terkena disable nya aj ( 3 detik ), dan ga terkena damage, tp selama 3 detik itu juga teman2 mu sangat dibutuhkan untuk menyerangnya dengan ‘physical’ damage. Sangat baik km gunakan di war klo ada yang sedang agic immunity.

- Casting range nya cukup jauh, bukan melee, artinya ga harus km gunakan klo target tepat disampingmu. Jadi penting untuk menggunakan rot dulu sebelum menggunakan skill ini. Tp hati-hati, ‘hentikan’ rot klo km menggunakan dismember di luar area efek rot, karena km hanya menguras HP mu sendiri.

- Jangan gunakan ke roshan, karena setiap kali km menggunakan skill ini, km akan mengeluarkan suara.. fresh meat!!, itu memicu lawan untuk langsung menyadari klo kalian ( tim mu ) sedang nyerang roshan. Slain itu, roshan bs nge-block dismembermu.

Okay, aku mau membagi beberapa cara/teknik menggunakan hook, mungkin sebagian dari kalian udah tau hook itu kayak gimana, jadi hook bukan skill area yah, itu skill untuk 1 target aj, sangat baik sebagai pemicu war, nge-bokong, dan membunuh dari jarak jauh.



# Menggunakan MEAT HOOK :

1. Combo skill dengan hook:

Ga ada salahnya aku jelasin trik dasarnya, untuk melakukan combo ini, diperlukan sedikit kecepatan tangan. Jadi saat target ditarik oleh meat hook, langsung aktifkan rot, itu penting agar km bs mendapatkan potensi damage terbesar dari rot, lalu kejar dulu ( kalau dia kabur ) beberapa lama, dengan slower dia ga akan jauh dari area rot mu ( kecuali untuk hero ‘blink’ langsung dismember aj ), sampai HP nya udah cukup tipis, atau dia udah cukup jauh, lalu gunakan dismember untuk menghabisinya, tp klo dia ga mati, kejar lg sampai dia mati oleh rot mu.

Untuk target yang stunner/disable/ atau punya HP banyak, baiknya nge-bokong bareng teman mu, atau bersiap untuk menggunakan meat hook yang kedua.

2. Hook untuk hero diam/ ga bergerak
Byasanya untuk hero yang sedang creeping, baik di lane maupun di utan. Karena ga bergerak berarti menggunakannya jauh lebih mudah. Yang terpenting hanya ‘ jangan nge-klik target dengan hook mu!!!’ tp klik di tanah dekat target, lihat screen shot..

Spoiler Screenshot





3. Hook untuk hero yang bergerak

Nah, ini yang menantang, ga mudah melakukannya, tp sangat menyenangkan. Sebaiknya klo mau latihan, latihan sama AI aj dulu. Jangan pernah nge-klik target saat menggunakannya, karena km bakalan ‘miss’, ujung meat hook akan menuju titik yang km klik ( posisi target saat km klik), dan yang pasti ( karena bergerak ) target itu udah ga ada di situ lagi...

Modal utamanya adalah ‘mengetahui’ arah gerakan target, dan sense/insting yang baik, perhitungkan juga MS nya saat itu. Untuk Jelasnya lihat pada SS..

Spoiler Screenshot





4. Hook untuk hero yang hilang di FoW ( serangan buta2 )

Untuk yang ini penggunaanya paling sulit. Dibutuhkan sense yang sangat baik untuk melakukannya. Tp kalau km beruntung dan berhasil, km akan merasakan kepuasan yang lebih, Sebagai contoh..

Spoiler Screenshot




5. Hook untuk Menolong teman..

Untuk yang ini, termasuk pekerjaan mulia, sebagai hero (pahlawan) sudah seharusnya melakukan ini. Jadi ‘skill’ menggunakan hook ga hanya km butuhkan untuk membunuh, tp jg penting km pelajari untuk menolong temanmu, Kamu harapan mereka sebagai ‘pertolongan pertama’., sebagai contoh kasus balanar dan lich pada SS..

Spoiler Screenshot





6. titik/ posisi byasanya pudge melakukan hook (tempat km nongkrong )..

- Lane atas (sentinel) / bawah (scourge): sbenarnya cuman sedikit tempat nongkrong yang bagus untuk mu di lane ini, selebihnya adalah posisi yang tak terduga atau diperlukan aj, salah satunya adalah..

Spoiler Screenshot




-lane tengah ( mid) : tempat km nongrong di mid tuh lumayan banyak..untuk posisinya juga ga begitu tersembunyi, tapi sangat efektif, untuk nge-bokong di early game, manfaatkan bbrp lokasi digambar...tp INGAT! Untuk ke area itu jangan melalui lane, tp dari utan/FoW, jangan sampai kliatan di mini map, slain itu hati2 ama ward, counter dgn sentry ward.

Spoiler Screenshot





- Lane bawah (sentinel ) / atas ( scourge ) : nah.. ini jalur yang terpanjang, bahkan jarak antar tower pun sangat banyak melewati tepi hutan, jadi akan sangat banyak titik untuk menggunakan hook, dengan area lokasi yang ‘relatif’ lebih luas..

Spoiler Screenshot





Untuk titik lainnnya di lane ini, kurasa ga perlu ditunjukkan, yang penting adalah itu di dalam hutan, sepanjang hutan, dalam fog of war, dan ga ada ward disana..



7. Sejauh apa 1000 range? (meat hook level 4 )

Langsung lihat gambar aj..

Spoiler Screenshot




Okay, menggunakan hook emang ‘susah2’ gampang, itu KUNCI keberhasilan pudge mu, penting bgt untuk bs menguasai skill itu, dan kalau km udah dapat ‘sense’ menggunakannya.. jangan lupa tanggung jawabnya juga, hehe, nolongin teman.







LATE ITEM

SHIVA’s GUARD


kamu udah punya khadgar pipe, menambah spell resistance yang km punya selain dari flesh meat. Lalu Item ini nambahin armor yang artinya semua tipe serangan yang kamu terima akan dikurangi damage nya. Selain itu item ini juga bs nge-slow dan berdamage area, sinergi dengan rot mu, ga perlu khawatir soal mana cost item ini, item ini juga nambahin stat INT yang artinya nambahin kapasitas mana, kurang lebih sebanyak 390 mana. yang jelas item ini masih lebih pantas kamu beli sebelum mebeli item2 di ‘other item’, lalu ada apa dengan HEART OF TARASQUE?? Dijelasin di other item.


ALTERNATIVE ITEMS

BOOTS OF TRAVEL


Beli kalau kamu merasa harus..beli di late untuk mengganti phase boots.


SENTRY WARD


Optional aj, untuk menghancurkan ward musuh, untuk mengcaounter musuh yang invisible,dll


LUXURY ITEMS

HEART OF TARASQUE


Banyak orang nganggap item ini wajib buat pudge,salah, item ini adalah item ‘pertahanan’, kamu udah punya khadgar, itu item pertahanan yang amat baik, kalau km beli item ini lg, sm aj km hanya ‘naikin’ pertahanan dari spell aj skalian tebalin HP, sedangkan klo km beli shiva’s selain dpt pertahan dr serangan ‘physical’ , juga memberikan bantuan besar buat temanmu di war dgn slowernya.

Item ini nambahin stats STR jg, tp kurasa dgn stats STR melimpah, bantuan yang km berikan di war hanyalah memperlambat waktu kematianmu saat nge-tank dgn HP tebel mu, dan bukan membantu ‘penyerangan’. Ditambah lg, item ini pasif saat km menggunakan ‘rot’. Item ini termasuk item tambahan aj..


AGHANIM’s SCEPTER


Setelah perubahan item ini, banyak yang tergoda untuk beliin pudge item ini sebagai ‘core’.Item ini bisa meng-improve ultimate nya pudge bukan berarti langsung jadi item core bgitu aj, konyol donk...Km termasuk support juga, sedangkan item ini hanya berguna untuk mu sendiri, jadi ga membantu di war. Jadi beli aj belakangan, jauh lebih baik setelah heart of tarasque, klo mainx late bgt.


RADIANCE


Atau tambah aj dengan item ini, sinergi dengan rot dan shiva’s mu, sangat memberikan tambahan di war untuk tim mu, tp shiva’s masih lebih cocok karena JUGA nambahin armor mu.


BLACK KING BAR


Saat menggunakan rot, dengan avatar aktif, HP mu ga akan berkurang. Jadi bisa lebih hemat 100 HP / detik, jadi untuk 5 detik avatar, bisa untung 500 HP, eh.. bukannya km udah punya khadgar.. artinya ga sampai 500 donk. Jadi ini tambahan aj, dan ga begitu kurekomendasikan jg sih..


BAD ITEM

AEGIS


Haha, bukan berarti ga bagus, tp hanya sebagai ‘larangan’, jadi kasi temanmu yang carry aj, jangan ambil laa.


BLADE MAIL


Menurutku ini item yang PALING ga boleh kamu miliki. Km bukan tanker, bukan hero yang masuk ke tengah2 war dan berkata ‘ woy2 serang gw!!’, kamu adalah ganker, tau apa ganker? artinya km akan lebih sering berada di tempat yang ‘tersembunyi’, dan tugasmu untuk menangkap satu musuh dan menghabisinya di tempat yang bahkan mustahil untuk tersentuh ‘pertolongan’ sedikitpun.


BATTLEFURY


Kerjaan ganker bukan creeping, yang paling berguna dari item ini hanya mana regennya, tp terlalu mahal hanya untuk mendapatkan mana regen.Selain itu, sekarang membunuh creep udah ga nambahin stats STR mu.


REFRESHER ORB


Cooldown dismembermu hanya 30 detik, ngapain beli ini lg??


VANGUARD


Sekali lg km bukan tanker nya tim mu, bukan hero 1 vs 1 jg. Beli ini boleh sih, tp setelah pick hero ini di awal game, ketik –repick, lalu cari hero di Dark Tavern bernama AXE, ^^.


LOTHAR’s EDGE


Trus gunanya meat hook ap donk...????????????







LATE STRATEGY

Selamat deh.. km udah bs sejauh ini, harusnya km udah melakukan banyak hal yang membanggakan di mid game. Karena itu di late game, ada 2 pilihan buat kamu :

1. Lanjut ‘masuk’ hutan, dan kembali melakukan bokongan seorang diri ke hero2 AGI/INT yang masih dalam proses ‘creeping’..

2. ikutan war, nge-support . dengan me’misahkan’ satu hero lawan dari teman2 nya sebelum war dimulai, yang menurutmu paling berbahaya utnuk teman2 mu. gunakan combo skillmu. Jangan jadi tanker nya...^^

Sebenarnya combo spell mu kali ini ga se-sakit sebelumnya, bahkan mungkin km ga berhasil membunuhnya. Karea itu minta bantuan temanmu untuk membunuhnya, temanmu punya 3 detik (selama dismember ) untuk ikutan menguras HP target., misalnya CM dengan freezing fieldnya, atau enigma dgn black hole..

Untuk late game, target hook mu bukan lagi diprioritaskan untuk hero2 AGI/carry lawan. Tapi syapapun dya, yang melintas, atau yang paling dekat dengan posisimu, bunuh aj, di late game, kurang satu anggota itu ‘kurang’ nya banyak bgt, maksudku 5 VS 4 di late game itu sangat ga seimbang..

Klo game nya berlangsung sangat lama, sampai hero yang ada di map udah ‘jadi’ semua. Mungkin peranmu saat itu adalah ‘tanker’ , gunakan combo rot-shiva’s, untuk membantu tim mu..

Selebihnya defense tower yang dikroyok belasan-puluhan creep, mending langsung tele ke sana, mereka gold mu. Kusarankan nge-push dari tengah, selalu stand by di hutan untuk nge-hook, selama perjalanan nge-push. Lalu klo udah masuk area lawan, tetap stand by di luar ‘pembatas’ markasnya untuk nge-hook, sama aj klo km defense markas, slalu stand by di area markasmu untuk menggunakan hook.




ALLIES


DARK SEER


Tau kombinasi DPS-AoE skill paling sakit ?? ion shell + rot...


BLOODSEEKER


Seperti di guide blood, pudge adalah best partnernya hero ini. Rupture membua lawan ‘ga’ mau berjalan, mempermudahmu untuk melakukan hook, selain itu target yang terkena rupturenya lalu ditarik hook mu, akibatnya dia akan berpindah sejauh 1000 unit, damage rupture untuk pepindahan 1000 unti tuh brapa yah?? Hahah.


GOBLIN TECHIES


Yah.. termasuk best partnernya techies jg (lihat guide techis), hook ke tempat koleksi bom2 nya techies.. selain itu ‘dismember’ mu memberikan kemudahan untuk nya melakukan SUICIDE..


OMNIKNIGHT/ABADDON


Repel dan apotik memberikan mu waktu yang lama menggunakan rot tanpa memikirkan total HP yang akan berkurang, contohnya repel, dengan 20 dtik maic imunity, km lebih menghemat 20 x 100 = 2000 damage untumu sendiri.



 Rubick


Ok, kalau ada hero ini kamu bisa menghemat banyak HP yang dikeluarkan saat Rot karena aura null nya.


WARDER

 Dll.
Bs menghemat observe ward, sangat membantumu nge-bokong.





ENEMIES

BLINKERS


Mereka sulit km kuasai, dia bs menjauh darimu dgn mudah setelah hook me’narik’ nya, jadi usahakan cepat2 gunakan dismember.


OMNIKNIGHT


km bakalan rugi banyak hal klo nge-bokong hero ini saat repel nya digunakan.


TREANT PROTECTOR


Kurasa dia paling membuatmu frustasi. Kamu adalah hero yang selama battle lebih sering ada dalam hutan, sedangkan hutan adalah ISTANA nya hero ini. Bahkan klo km berhasil menariknya, dia bs langsung hilang diantara pepohonan, lalu menggunakan overgrowthnya, jangan melawannya sendirian lah.. tp klo dia menggunakan overgrowthnya, klo dia mulai mendekatimu, gunakan dismember..


CENTAUR / LEVIATHAN


Kedua hero ini punya stun area, area yang cukup untuk nge-stun km klo km berhasil menariknya, sama dgn treant, jangan melawannya sendiri.


SILENCER


Silence mencegahmu menghentikan rot, itu berbahaya karena bisa menambah durasi rot yang akhirnya HP mu makin banyak berkurang, lebih dari yang km rencanakan, bahkan bisa membunuhmu, seperti doom nya lucifer yang durasinya lamak.





CLOSING

Spesial Thanks untuk ‘Bengal’, buat beberapa SS nya..
SS sengaja diperkecil, byar loading nya ga berat2 amat..^^

*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar