Sabtu, 18 Agustus 2012

Peter Carl Fabergé


Nama Peter Carl Fabergé mungkin tidak terlalu dikenal banyak orang, tapi Anda tentu sudah kenal dengan telur Paskah atau Easter egg. Ya, telur Paskah adalah karya dari Peter Carl Fabergé yang sampai saat ini masih digunakan untuk memperingati Hari Paskah. Hari ini, tepatnya tanggal 30 Mei, merupakan hari ulang tahun Peter yang ke 166 dan diperingati oleh Google dengan memasang doodle logo Fabergé egg.

Peter Carl Fabergé lahir tahun 1846 di Saint Petersburg, Rusia, dari pasangan Gustav Fabergé danCharlotte Jungstedt. Bakat Peter sebagai pengrajin perhiaasan menurun dari sang ayah yang juga berprofesi sama. Semasa mudanya, Peter mendapat pendidikan yang selalu berkaitan dengan seni. Misalnya saat ia belajar di the Dresden Arts and Crafts School.

Tahun 1882, Peter mengambil alih perusahaan perhiasan milik ayahnya. Di tahun yang sama, Peter Carl Fabergé mendapat gelar Master Goldsmith. Hal ini memungkinkan Peter untuk membuat suatu karya dengan ciri khas tersendiri dan tidak terikat oleh perusahaan sang ayah. Peter tidak sendirian, ia bekerja sama dengan saudaranya sendiri, Agathon yang merupakan desainer perhiasan berbakat.

Awal mula pembuatan telur Paskah adalah ketika Peter mendapat tugas dari Tsar Alexander III untuk membuat sebuah Easter egg dengan rancangan tertentu sebagai hadiah untuk istrinya, Ratu Maria. Namun akhirnya Peter diberi kebebasan untuk merancang sendiri telur Paskahnya di tahun 1887.

Sejak saat itulah perusahaan Peter selalu memproduksi telur Paskah dengan desain-desain unik dan rumit dari berbagai macam bahan, mulai dari emas hingga permata, dan telur-telur itu akhirnya dikenal pula sebagai Fabergé egg.
Peter Carl Fabergé kemudian meninggal pada 24 September 1920, namun telur-telur paskah ciptaannya masih tetap dibuat dan selalu menjadi hadiah spesial pada perayaan Hari Paskah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar