Minggu, 19 Agustus 2012

Makanan Yang Tepat Saat Menstruasi


Makanan Yang Tepat Saat Menstruasi


Makanan Yang Bagus Saat Menstruasi
Saat menstruasi Anda jadi merasa lelah, mudah marah dan kembung. Biasanya nafsu makan juga akan berkurang. Pola makan yang buruk hanya akan membuat gejala lebih buruk. Cari tahu makanan mana yang dapat membuat siklus bulanan Anda lebih mudah dikelola.

Ternyata penting mengonsumsi makanan yang tepat pada saat menstruasi. Beberapa hal berikut akan menunjukkan makanan apa saja yang boleh dan harus Anda hindari terkait dengan periode menstruasi, seperti yang dilansir Sheknows.



Jangan makan karbohidrat kompleks
"Buah-buahan, sayuran dan seluruh makanan adalah teman. Terutama saat menstruasi, gula dari buah dapat membantu mengurangi ketagihan gula," jelas Konsultan Kesehatan dan Kebugaran, Tari Rose.

Jangan minum kafein
Memotong asupan kafein dapat membantu mengurangi kembung dan menenangkan perut yang mudah marah. Kafein dapat meningkatkan asam lambung dan menjadi kasar pada usus sensitif.

Makan makanan yang kaya kalsium
Menurut Konselor Kesehatan Holistik dan Ahli Gizi Latham Thomas, wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium setiap hari. "Beberapa sumber kalsium yang baik termasuk kale, collard hijau, brokoli dan yogurt."

Jangan makan terlalu banyak garam
Meskipun garam sangat penting untuk kesehatan yang baik, kembung dan retensi air dapat terjadi jika Anda berlebihan mengonsumsinya. Menurut Iserloh, seorang Ahli Gizimerekomendasikan diet dengan 2.300 miligram/hari, atau kira-kira satu sendok teh.

"Cara terbaik untuk mengontrol asupan garam adalah untuk menghindari makanan olahan dan makanan cepat saji, banyak yang mengandung tiga sampai empat kali garam dalam sekali makan."

Jangan memanjakan diri dalam dark chocolate
Dark chocolate memiliki antioksidan membantu dan terkait dengan meningkatkan serotonin, yang dapat membantu memperbaiki mood Anda. namun terlalu banyak mengonsumsi cokelat akan membuat Anda lupa pada diet Anda.

Jangan melewatkan air
Minum lebih banyak air akan membantu tubuh Anda mengeluarkan retensi air dan mengurangi kembung. "Tubuh Anda menahan air karena takut tidak mendapatkan cukup cairan. Jadi, jika Anda memberikan apa yang dibutuhkan tubuh (air) itu akan melepaskan retensi air," jelas Rose.

Makan makanan yang kaya magnesium
"Makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang, tahu dan kacang tanah diperkirakan mengurangi kembung pada menstruasi wanita," kata Thomas

Jangan lupa vitamin
Thomas menyarankan menambahkan vitamin pada makanan untuk diet Anda, khususnya selama siklus Anda. Vitamin E dapat membantu menghilangkan beberapa gejala PMS, Anda akan menemukannya dalam alpukat, biji rami dan kuning telur. Vitamin B6 dapat membantu mengurangi kembung dan meningkatkan mood Anda. Anda bisa mendapatkannya dalam kentang, pisang dan oatmeal. Terakhir, vitamin C dan seng yang mendukung kesehatan telur wanita dan sistem reproduksi. Temukan vitamin C dalam jeruk bali dan lemon dan seng dalam biji labu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar