Rabu, 15 Agustus 2012

Lion – The Demon Witch


Lion – The Demon Witch

Versi Map : 6.73



A renegade wizard who delved deeper in studying demonic arts, this old aged archmagus was sentenced to damnation by the Dalaran council. As a last resort of escaping death, he performed a forbidden ritual and sold his soul to Archimonde's bidding. Without trace of compassion and with a twisted mind, he seeks retribution to his comrades. He commands earth to stagger those who hinders his path with sharp spikes or siphons their will out. Never hesitating to transmogrify others to impunity nor doubtful of ripping his enemy inward out with his fatal touch, Lion like a predator loves doing it all over again.



INTRO


Lion adalah Disabler. DI build apapun, dia disablernya tim. Dia banyak gunanya, pemakai lion byasanya ‘memilih’ mau berperan sebagai apa. Itulah disabler, sangat dibutuhkan dimanapun. Dia bisa menjadi Ganker, melakukan roaming, nge-bokong carry musuh, karena keberhasilan bokongan ada di tangan disabler ini. Selain Ganker, dia juga cocok menjadi support, nge-support carry di tim mu, membantunya mendapatkan banyak gold dengan disable2 mu. Bahkan bisa juga main solo, naikin level secepat mungkin, mendapatkan FoD secepat mungkin.

Lion juga termasuk nuker, tepatnya nukers-KILLER yang sangat BERBAHAYA. Dia adalah salah satu nuker terbaik yang ada di DotA. Sangat serbaguna, bisa bertahan sangat lama di lane, sehingga bisa lebih lama nge-support juga dengan mana drain nya.

Lion berbahaya untuk semua jenis battle, Baik by1 maupun 5 vs 5. Meski pertumbuhan STR nya kurang ( artinya HP sediki ), Pertumbuhan INT nya sangat baik, karena hero ini diciptakan untuk ‘kemampuan’ disable nya.

DI battle apapun ( public/kompetisi ), lion sering digunakan sebagai GANKER utama di TIM, di level 1 pun dia telah memberikan bantuan besar saat nge-bokong. Jadi klo ada yang pick hero ini, di early game kamu harus lebih hati-hati, karena kamu akan sering terganggu dengan kedatangan hero ini di lane mu.

Spoiler Statistik Hero



Name: Lion
Affiliation: INT Scourge
Strength: 16 + 1.7
Agility*: 15 + 1.5
Intelligence: 22 + 3
HP: 454
HP Regen: 0.73
Mana: 286
Mana Regen: 0.89
Damage: 42 - 48
Armor: 1.1
Movespeed: 290
Range: 600
Missile Speed: 900
Sight Range: 1800/800




Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN

1. damage Spellnya amat BESAR ( meski bukan yang paling besar)
2. MEMPUNYAI 2 skill DISABLE yang lumayan aktif.
3. Bisa bertahan di lane ‘selamanya’, sampai kapanpun dia mau.
4. Sangat berguna saat nge-bokong di level 1
5. Mudah nyicil lawan


KELEMAHAN

1. MS di bawah rata-rata alias lelet
2. Damage juga begitu, rada susah nge-last hit.
3. Sangat mudah dibunuh, pertumbuhan armornya payah.




SKILL

Impale


The Demon Witch releases his demonic magics into the ground in order to thrust solidified rock spikes along a straight path. This sends all his enemies into the air, only to take damage on their painful impact with the ground.
Level 1 - 60 damage, lasts 0.5 second.
Level 2 - 130 damage, lasts 1 second.
Level 3 - 200 damage, lasts 1.5 seconds.
Level 4 - 260 damage, lasts 2 seconds.

Casting range: 500
Area of Effect: 150
Mana Cost: 100/120/145/170
Cooldown: 12

Skill disable lion yang pertama, efeknya STUN, bukan stun biasa karena damage nya lumayan gede, cocok digunakan untuk nyicil lawan. 2 detik stun, bisa kamu gunakan untuk kabur, membuka bokongan, atau sekedar nyicil aj. Skill ini yang sangat membantu mu mendapatkan First Blood ( klo nge-bokong bareng temanmu ).

Mana cost nya lumayan mahal, tapi itu bukan masalah untuk lion, dengan pertumbuhan INT 3 tiap level nya, bahkan di early kamu bisa menggunakan skill ini sesering mungkin. Musuh yang terkena skill ini saat ‘diudara’ ( diangkat – selama 0.52 detik ) tetap bisa diserang (sama seperti ‘torrent’ nya kunkka ). Damage Impale tiap level nya adalah 45 / 97.5 / 150 / 195 untuk hero yang tidak punya tambahan magic resistance seperti barier,flesh heap, corrosive skin, planewalkers,, hood, khadgar, dan mana shield.

Kecepatan gelombang ‘duri’ nya adalah 1600 unit/detik, jadi sejauh 700 unit, hanya dengan 0,25 detik saja, ‘duri’ impale telah mencapai jarak terjauhnya. Sebenarnya impale nya NA masih lebih baik dari impale lion.

Linken Sphere TIDAK bisa nge-block skill ini. Tapi klo km nge-klik skill ini ke target yang punya linken sphere, target tetap kena dan cooldown linken nya juga berputar. Damage skill ini dikurangi spell resistance dan di-block oleh spell immunity.

Kamu tidak bisa menggunakan impale ke target yang sedang dalam efek impale klo km nge-klik ‘impale’ mu ke target. Tapi klo km nge-klik tanah, target akan terkena impale kedua kali.


Voodoo


Transforms an enemy unit into a random critter, disabling special abilities.
Level 1 - Turns enemy into critter, lasts 1.25 seconds.
Level 2 - Turns enemy into critter, lasts 2 seconds.
Level 3 - Turns enemy into critter, lasts 2.75 seconds.
Level 4 - Turns enemy into critter, lasts 3.5 seconds.


Casting range: 500
Mana Cost: 110/140/170/200
Cooldown: 13

Skill disable mu yang kedua, termasuk sangat baik digunakan untuk kabur, dan memberikan tambahan DPS lagi buat teman2 mu. Karena durasi disable nya lebih kama dari impalae, dan hanya untuk 1 target saja, jadi di late game skill ini sangat berguna untuk mengehntikan musuh yang paling berbahaya terutama DPS dan bisa melakukan perma-bash.

Mana cos skill ini sangat ‘mahal’, tapi setara dengan efek yang diberikannya, meski ga ada efek damage nya. Target yang terkena tidak bisa melakukan attack, menggunakan spell, dan MS nya dikurangi dengan drastis. Casting range nya sama dengan impale, tapi sebenarnya skill ini lebih cocok klo musuh hanya sendirian saja, baik yang mendekat maupun yang kabur, jadi menghemat 1 disablemu lg untuk musuh yang banyak di satu area.

Target yang memiliki kemampuan ‘permanent invisible’ seperti riki level 6, akan terlihat selama durasi skill ini. Selain itu skill ini membunuh ilusi/image secara instant, karena itu skill ini juga sangat baik digunakan membunuh ‘Tanker’ yang diciptakan ‘morphling’ ( ngerti kan maksudnya?).

Tidak ada jeda animasi saat menggunakan skill ini, jadi saat kamu nge-klik target saat itu juga target akan terkena efek, tidak seperti impale. Artinya sangat membantu mencegah musuh kabur, terutama mencegah musuh menggunakan skill2 instant ( no-animation) lainnya seperti ‘exorcism’ (DP), night wisp ( enchant ), dan assault ( clock ).

Efek skill ini bisa di-remove oleh purge. Dan skill ini di block oleh linken’s sphere.



Mana Drain


Absorbs the magical energies of a target enemy unit by taking mana from it every 0.25 second.
Level 1 - 20 mana drained per second, lasts 4 seconds.
Level 2 - 40 mana drained per second, lasts 4 seconds.
Level 3 - 60 mana drained per second, lasts 4 seconds.
Level 4 - 120 mana drained per second, lasts 4 seconds.

Casting range: 600/650/700/750
Mana Cost: 10
Cooldown: 25/20/15/10

Sebagian besar hero DotA, butuh minimal sebuah Void Stone di early, untuk bisa menggunakan spell2 nya lebih sering, tapi lion bisa menggunakan spell nya jauh lebih sering meski tanpa 1 void stone pun, tentu karena skill ini , 120 mana/ DETIK!!. Tapi hanya orang bodoh yang berdiri diam dan tidak lari kalau mana nya dihisap, jadi gunakan untuk creep range musuh (300 mana ) karena dia ga akan ‘menghindar’.

Spoiler Screenshot



Photobucket


Sekarang range dan mana yang dihisap semakin banyak, karena mengisap mana, artinya memberikan mu juga kontrol lane ( menguasai lane ), atau singkatnya memberikanmu kemampuan untuk lebih sering menggunakan KEDUA disable mu.

Target baru akan lepas dari efek skill ini kalau dia kabur lebih dari 800 unit darimu. Ilusi yang terkena skill ini akan langsung mati setelah 1 detik dihisap. Skill ini diblock oleh linkens sphere.


Finger of Death


Instantly rips at a target, attempting to turn it inside-out. Deals massive damage.
Level 1 - Deals 500 damage, 600 damage with Aghanim's Scepter.
Level 2 - Deals 650 damage, 800 damage with Aghanim's Scepter.
Level 3 - Deals 850 damage, 1025 damage with Aghanim's Scepter.

Casting range: 700
Mana Cost: 200/420/650(625)
Cooldown: 150/90/55(50)

Aww.. Ulti yang sangat berbahaya, salah satu ulti terbaik. Casting range yang sangat baik, jeda animasi yang sangat singkat, kecepatan petirnya mengerikan, dan ooh.. efek damage nya MEMATIKAN. Damage yg luar biasa untuk hero di level 6, sangat mudah mendapatkan KILL dengan skill ini di early-mid, di situasi apapun.

Ingat! Semua hero punya base spell resistance sebanyak 25%. Jadi untuk mendapatkan kill, pastikan HP target mu di bawah 375 / 488 / 638 tiap level nya ( tanpa scepter ) dan tidak punya tambahan spell resistance.

Kamu bisa menggunakan skill ini menembus pohon, bukit, lembah,dll (seperti impale ). Skill ini di block oleh linkens sphere dan magic immunity. Jadi jangan gunakan ke hero yang menggunakan BKB / rage / bladefury, dll.




SKILL BUILD


Build Ganker!

Level 1 - Impale
Level 2 - Voodoo
Level 3 - Impale
Level 4 - Voodoo
Level 5 - Impale
Level 6 - Finger of Death
Level 7 - Impale
Level 8 - Voodoo
Level 9 - Voodoo
Level 10 - Mana Drain
Level 11 - Finger of Death
Level 12 - Mana Drain
Level 13 - Mana Drain
Level 14 - Mana Drain
Level 15 - Stats
Level 16 - Finger of Death
Level 17-25 – Stats


Gunakan build up ini klo mau nge-bokong sejak early game. skill disable mu sangat membantu bokongan. Untuk lane, gunakan build ini klo musuhmu berbahaya dan mereka tidak memerlukan mana untuk itu. Selain itu klo mereka punya ‘channeling spell juga.

Impale adalah skill nuke mu, harus dimentokin pertama untuk mengusai lane. FoD ga mungkin kamu lewati sekalipun.



Build Support!

Level 1 - Impale
Level 2 - Mana Drain
Level 3 - Impale
Level 4 - Mana Drain
Level 5 - Impale
Level 6 - Finger of Death
Level 7 - Impale
Level 8 - Voodoo
Level 9 - Voodoo
Level 10 - Voodoo
Level 11 - Finger of Death
Level 12 - Voodoo
Level 13 - Mana Drain
Level 14 - Mana Drain
Level 15 - Stats
Level 16 - Finger of Death
Level 17+ - Stats

Mana drain di early adalah lion support. partner se-lane mu adalah hero carry, dan harus kamu bantu untuk creeping ( kamu babysitternya ^^ ). Selain itu gunakan juga klo musuhnya punya banyak mana untuk mengunakan nuke mereka. Mengisap mana nya lebih baik daripada men-disable nya.





Item Build dan Gameplay



EARLY ITEM

Item Awal
Beli aj apapun yang menurutmu dibutuhkan, tango, healing slave, branch, resep2 bracer, atau magic stick. Sebaiknya jangan beli bottle dulu.

Item Core

BRACER


Liat aj base HP mu di level 1, ga sampe 500. Item ini WAJIB. Sebenarnya beli 2 lebih baik, tapi karena slot item mu akan dipenuhi ward dan TP, jadi 1 aj cukup.


BOOTS OF SPEED


Jalanmu tetap lelet meski sudah bawa item ini, apalagi klo belum.


Empty Bottle

kamu ganker, mestinya main Power up.


WARD


Ganker selalu butuh ini. Ga usah beli observe klo temanmu ada yang warder ( NW, necrolic, dll )





EARLY STRATEGY

Drafting.

Jangan Pick Lion
1. Kalau musuhmu banyak Anti-Ganker seperti Lich, N'aix, dan Terrorblade.
2. Tim kalian kekurangan Tanker.
3. Anda malas ngebokong.
4. Musuh kalian ada yang pick para silencers.


Pick Lion
1. Kalau kalian kekurangan Disabler.
2. Tim kalian ada yang pick Rylai Crestfall. Global Brilliance Auranya memperkencang mana regenmu.
3. Musuh kalian banyak yang pick hero carry/yang HP dan MS-nya lelet.
4. Butuh Ward.


Peran
Carry/Semi-Carry = Tidak!
Ganker/Disabler = Diharuskan!
Nuker/Pusher = Sebaiknya...
Support/Warder = Direkomendasikan.
Initiator = Kurang cocok.
Tanker/Semi-Tanker = Sangat tidak cocok!


LION GANKER

Ganker di early game ngapain? Yang pasti langsung beli ward, beli magic stick ( klo mau ), ganker tidak sulit mengumpulkan charge untuk ngisi HP dan Mana mu, item itu sangat berguna sampai late game sekalipun karena bisa di upgrade.





Lalu siapa yang menjadi targetmu ? tentu carry lawan, yang bisa membahayakan tim klo item2 nya jadi. Kamu nge-bokong dia, membunuhnya, membuatnya kehilangan gold dan ketinggalan level, itu TUJUAN UTAMA ganker. Jadi jangan nafsuan membunuh hero dengan HP merah klo bukan carry nya, intinya jangan membahayakan dirimu untuk sesuatu yang ‘tidak berguna’.

Lakukan bokongan sejak level 1 klo mau, karena jauh lebih mudah membunuh hero di level 1 buat Lion., Pasang ward di dekat tower. untuk awal game, 2 ward udah cukup buat nge-bokong, tapi pastikan ga ada ward lawan di area ward mu, counter dengan sentry. Jangan lupa bawa town portal.

Kapan sebaiknya mulai roaming?..

- jangan menghilang dari lane klo musuh2 udah mendekati tower mu (def dulu lah )
- pastikan teman mu yang jaga di lane target tuh udah siap, klo stunner harusnya siap kapanpun.
- Timing yang baik untuk memuali bokongan adalah saat musuh2 (dan creep nya ) sudah mendekati tower kalian, dengan begitu kamu punya banyak ruang untuk neg-bokong dari belakang target.

Spoiler ngebokong



Photobucket


Nah biarkan stun teman mu membuka lalu gebuk2 dulu, lakukan stun berantai, jangan nge-stun dulu klo durasi stun temanmu belum selesai. Klo udah punya FoD, selesaikan dengan itu. Jadi target kalian adalah carry lawan. Apalagi byasanya HP dan armor mereka sangat payah di early, ga akan sulit membunuh mereka kok.


LION SUPPORT

Kali ini kamu main lane, tapi bukan solo lane. Main se-lane bareng teman ‘carry’ mu. Bukan tanpa alasan kamu se-lane dengan carry, tujuanmu kali ini adalah Nge-support teman se-lane itu. Support dia dengan berbagai cara, disable+ nuke membantunya nge-last hit, atau melindungi dia dari bokongan ganker lawan dengan disable2 mu. Intinya adalah kamu babysitter nya dia. Selama kamu ‘merawat’ dia dengan baik, suatu saat dia akan tumbuh menjadi orang yang ‘berguna’, dan membalas kebaikanmu dengan melindungimu.

Nah klo nge-support teman, kamu butuh banyak mana untuk menggunakan disable. Karena itu, kali ini 1 skill disable aj cukup (kusarankan impale ), lalu ambil mana drain, supaya kamu bisa nge-support lebih lama.

Yang menjadi prioritas kali ini adalah KESELAMATAN temanmu. Artinya nge-last hit atau deny itu urusan ‘sampingan’. Biarkan teman carry mu mendapatkan last hit sebanyak mungkin, sekalian bantu dia membunuh musuh di lane kalian.

Posisikan dirimu di area creep2, supaya musuh2 menjaga jarak dari area creep, mereka takut dengan impale mu ( untuk non-stunners). Nah dengan begitu teman carry mu lebih mudah lagi dapat last-hit nya. Kamu boleh nyicil, tp byarkan temanmu yang nge-last hit.

Tetap bawa ward. Tapi kali ini ward sepenuhnya untuk ‘pertahanan’, pasang di hutan dekat lane mu, berguna untuk mencegah bokongan.


LION SOLO

Nah akhirnya..tugasmu kali ini akan sangat berbeda dari kedua peran lion sebelumnya. Tujuan pertamamu adalah MENDAPATKAN FINGER OF DEATH lebih cepat supaya kamu bisa mendapatkan kill lebih cepat juga. Tujuan lainmu adalah LAST HIT ( gold ), Kali ini potensi disable mu akan sepenuhnya dikembangkan, item2 disable juga mesti kamu kejar.

Lat hit sangat penitng, kamu ga akan kesulitan mendapatkannya, attack animationmu lumayan singkat, selain itu km punya ‘impale’ untuk nge-last hit area. Mana drain sangat dibutuhkan, sama seperti klo menjadi support, hero solo sebaiknya bertahan lama di lane, seringkali orang kembali ke fountain karena kehabisan HP (mati ) atau mana. Dengan mana drain kamu akan bertahan di lane lebih lama, tanpa perlu khawatir kehabisan mana. Manfaatkan creep range musuh sebagai sumber mana mu.

Tetap bawa ward klo mau solo, pasang di area sungai/hutan dekat area mu, sebaiknya pasang di kedua sisi ( kiri dan kanan). Menyelamatkanmu dari bokongan.

Nah, klo km udah level 6, sekarang tinggalkan lane, mulailah nge-bokong, kamu udah punya FoD, sementara musuh2 yang main dual lane levelnya masih di bawah kamu. Kamu lah ancaman terbesar musuh2 mu saat itu.


IMPALE

Okay, spesifik strategy sudah, sekarang sy bakal menjelaskan penggunaan skill2 lion. Yang pertama adalah impale, sebaiknya gunakan skill ini untuk nyicil HP musuh, jadi usahakan sekali impale kena musuh, atau minimal kena 2 creep. Tapi jangan gunakan ini ke creep yang HP nya masih full, buang-buang mana aj.


The Secret of Impale..

Sebenarnya ada rahasia dibalik penggunaan skill ini, tidak seperti skill area lainnya seperti carrion swarm, breath of fire yang lebih baik klik di tanah saat digunakan, skill ini jauh lebih baik dan ‘akurat’ penggunaanya dengan nge-KLIK TARGET ( hero musuh ) daripada klik tanah. Karena walaupun target berlari memutarimu (mencoba menghindar) , impale SELALU mengenai target (klo km nge-klik targetnya ), jadi bukan di area tempat kamu nge-klik target. Kecuali dia punya Maksimum MS, yang dengan mudah keluar dari range skill ini.


Creeping dengan Impale...

Impale membantu lion melakukan creeping. Beberapa Info soal Impale (untuk creeping) ..

- Level 4 impale + 1 kali hit = Creep Range musuh MATI!
- Creep melee dengan 1/3 HP akan MATI dengan level 4 impale.

bagaimana enaknya creeping dengan Impale?

- Setiap Gelombang creep musuh baru berdatangan, SELALU langsung serang creep range nya sekali dengan normal attack, tunggu sampai ada creep melee yang HP nya dibawah 1/3, gunakan impale, usahakan semua creep kena ( double ++ last hit )
- Kalau ada banyak gelombang creep yang berdatangan ( banyak creep range ), sama aj sih, serang creep range nya satu persatu ( masing2 satu kali saja ) sebanyak yang kamu mau (sempat), gunakan impale = ($_$ )

Impale bisa menembus ‘lembah’/bukit/pohon/jurang,dll. Jadi tidak seperti kebanyak skill area, kamu bisa menggunakannya meski target tidak ada tepat di depanmu.

Spoiler untuk Screen shot Implae




Photobucket

NA terkena impale, padahal dia berada di atas,

Photobucket

Begitu pula sebaliknya.



MANA DRAIN 

Skill ini sangat sangat bagus, jauh lebih bagus dari mana burn nya NA, maksudku skill ini tidak hanya mengurangi mana target, tapi juga memberimu mana. Karena itu skill ini bisa membuatmu bertahan di lane sampai kapanpun kamu mau, sangat membantu menguasai lane.

Lalu bagaimana mendapatkan potensi maksimum dari mana drain?

Dengan bantuan IMPALE tentunya, langkah2 nya..

- Maju, dekati area creep. Selalu berada di dekat creep, dengan begitu musuh akan jaga jarak
- Gunakan impale klo musuh mendekat ( ingat! Klik targetnya, jangan tanah )

Spoiler Screenshot



Photobucket


- Tepat saat ‘terangkat’ ( di udara ) cepat2 gunakan Mana drain.
Spoiler Screenshot



Photobucket


- Okay, tetap serap mana nya sampai dia benar2 kabur.
Spoiler Screenshot



Photobucket


Combo itu benar2 akan membuat lawanmu frustasi, selain mana nya ‘dicuri’ juga terkena damage. Nah, setiap mana drain dan impale bisa digunakan, lakukan lagi langkah2 di atas.


Kapan sebaiknya menggunakan / tidak boleh menggunakan Combo Impale – Mana drain ?

1. kalo lawanmu masih punya BANYAK MANA
2. Kalo MANA mu tinggal sedikit
3. Nyicil musuh yang HP nya gede,
4. Defense Tower di early game, kebanyakan hero pusher menyimpan mananya untuk digunakan saat PUSH tower. Jangan sampai dia menggunakan skill2 itu.
5. JANGAN klo kamu sendirian menghadapi 2 musuh ( 1 VS 2 )
6. JANGAN gunakan saat Nge-bokong!! Ngapain buang2 tiga-empat detik yang menghasilkan 0 damage.


VOODOO 

Buat yang ga tau apa itu voodoo, baca penjelasannya di bagian SKILLS.

Efek Voodoo adalah..

- Target menjadi ayam, dengan kecepatan MS 100, tapi bonus MS dari aura,skill,item, tetap dihitung. Misalnya centaur dengan BoS, MS nya menjadi 150, atau Nerubian weaver dengan shukuchi (karena shukuchi menambah 1000% MS ) MS menjadi 522, atau Barathrum dengan BoT + Empowering haste maksimum, MS menjadi 205.
- Menghentikan channeling spell
- Instant kill image / ilusi
- ‘Melumpuhkan’ ( membuat target tidak bisa melakukan serangan apapun )
- Nge-silence target ( termasuk silence item )
- Menghentikan beberapa skill pasif, seperti Permanent invisibilty (rikimaru), evation (The butterfly), radiance, dan Blur ( mortred)

Tetapi voodoo...

- Tidak Me-remove buff (living armor, dll)
- Tidak Menghentikan efek aura
- Tidak Menghilangkan ‘fungsi’ armor ( dan item2 yang nge-block physical damage )
- Tidak Menghilangkan spell resistance
- Tidak Menghentikan skill passif seperti Backtrack (void ), counter helix ( axe ), Craggy Exterior ( tiny ), Return (centaur & blademail),





MID ITEM

Veil of Discord


Untuk mendapatkan Full damage Finger of death dan impale. Apalagi ini menambah regen dan INT mu.


Kelens Dagger

kamu butuh ini karena skill disablemu cast rangenya pendek dan kamu tidak dibuild untuk naikin Movespeed. sangat berguna untuk mendapatkan jarak casting voodo, impale dan juga Finger of death untuk mendisable atau menghabisi musuh yang mencoba kabur. Selain itu juga karena tidak ada sepatu upgrade yang kamu butuhkan di early-mid game.





MID STRATEGY

Mid game akan kamu lewati hampir sama seperti early. Kali ini tidak peran lain untukmu selain GANKER, bokong lawanmu, hanya itu yang harus kamu kerjakan. Puncak dari taggung jawab seorang ganker ada di mid game. Keberhasilan ganker tim akan membuat carry lawan LEMAH di late game. Itulah pentingnya DISABLE – DISABLE mu.

Selalu bokong carry lawan, atau bokong musuh yang sedang creeping di lane tempat teman carry mu sedang fokus creeping. Simpan ultimu untuk nyicil HP musuh, gunakan untuk membuat HP musuh menjadi merah, lalu biarkan si carry menghabisinya. Yak, itu tugasmu.

Kali ini ward jauh lebih berguna dari sebelumnya. Musuh yang muncul di mini map mungkin hanya 2 atau 3, lalu kemana yang lain, sudah pasti bersiap nge-bokong juga. Kamu aman untuk mid game, setidaknya kamu TIDAK termasuk dalam daftar target bokongan.

Jadiin Guinso secepatnya, dengan begitu kamu punya 3 disable, 1 area, 2 bertarget. Dan tambahan kapasitas Mana nya sangat dibutuhkan untuk menggunkan combo spell + FoD. Kamu benar2 ‘demon witch’ sekarang, hauhauhauhau..

Untuk sepatu, kurasa meski MS mu hanya 340, ga ada yang perlu dikhawatirkan, toh kamu punya banyak disable, MS lawan jadi ga berguna.





LATE ITEM

EUL SCEPTER OF DIVINITY


Lion sudah punya banyak Disable, tapi kenapa butuh eul lagi?. Untuk menjawabnya cukup TIGA kata, “ Lion is DISABLER”. Eul menambah potensi disable, mebuat hero nukers ini ga pernah ‘surut’ sampai kapanpun. Item ini menambah lagi kapasitas mana dan mana regen mu. Slain itu juga menambah 25 MS, sangat sinergi untuk mu.


ALTERNATIF ITEM

BLOODSTONE


Item ini menutupi kekurangan stats STR mu, juga menutupi kebutuhan Mana mu menggunakan combo2 spell mu. Dan yang ga kalah penting adalah item ini mempercepat waktu ‘respawn’ mu klo mati, semakin cepat respawn semakin cepat disable2 mu menyelamatkan teman-teman mu.


LINKEN’s SPHERE


melindungi dari spell ‘one hit kill’ seperti laguna blade, atau skill silence berbahaya lainnya seperti doom, blood, balanar, dll. Lion adalah spell caster-disabler, sangat merugikan klo terkena silence. Yah tujuan utama nya cua itu sih, tapi untuk pertahanan, mending fokus ke kedua item di atas aj ( bloodstone / taras )


SHIVA’s GUARD


Masih alternatif dari bloodstone. Item ini menambah kapasitas mana dan mana regen yang sangat kamu butuhkan, tapi ga nambahin HP, sebagai gantinya , item ini membrimu armor, meski dapat tambahan nuke-slower area lagi , kurasa bloodstone masih lebih cocok. Jadikan item ini tambahan aj di late.



Luxury
GUINSOO SCHYTE OF VYSE


Menambah kapasitas HP, mana, dan mana regen juga. Tujuan utama beli item ini adalah ‘hex’ nya memerimu kemampuan untuk melakukan DOUBLE HEX, menjadikanmu lion yang benar-benar disabler. Untuk item ini, casting range nya lebih jauh, yaitu 800. Sama dengan voodoo, item ini juga ga ada jeda animasinya, kamu bisa menggunakannya tanpa harus berlama-lama menunggu sebelum kembali berjalan.


BOOTS OF TRAVEL


Meningkatkan mobilitas ganking mu, nge-bokong akan lebih sering dilakukan. Menambah MS yang sangat kamu butuhkan.


POWER THREADS


Sepatu buat disabler ga begitu penting. Beli ini kalau km butuh tambahan HP di early game. Sebenarnya AS nya ga kamu butuhkan..


Arcane Boots



Lebih cocok PT aj, kamu punya Mana Drain untuk nyerap mana creep range.


AGHANIM’s SCEPTER


Tambahan damage FoD aj, ga terlalu penting. FoD digunakan di saat yang tepat, nah klo km tahu kapan itu ‘saat yang tepat’, kayaknya kamu ga butuh item ini lagi. Untuk ketahanan ( HP ), kurasa bloodstone masih lebih pantas.


ANIMAL COURIER


Ayam/ burung sangat berguna untuk tim mu, Sebagai support kurasa kamu yang beli ini, beli di awal battle, supaya bisa mengantarkanmu ward, tango, town portal, atau resep2 item mu dan temanmu. Wajib 1 ayam / tim ( klo battle yang ga serius kayaknya ga usah :p)


CONTROVERSIAL ITEM

NECRONOMICON


Kelebihan :

Sinergi dengan LION, menambah STR dan INT, demon bisa ‘true sight’, memberimu juga tambahan DPS saat targetmu sedang di-disable.

Kekurangan :

Untuk mendaptkan potensi maksimumnya, dibutuhkan sangat banyak gold, dan yang terjadi adalah kamu mengorbankan item2 disable mu untuk menaikkan potensi item ini. Tujuan ‘pendukung’ dari item ini ( selain di atas ) adalah untuk memperbesar potensi PUSHING aj.


Bagaimana dengan MS aura nya?

kamu sama sekali ga butuh MS gede sebenarnya, kamu punya banyak disable untuk kabur bung, selain itu kamu juga bukan hero pengejar.


Bagaimana dengan Mana Burn?

Mau menghabisi mana musuh yah.. kamu udah punya mana drain, impale /voodoo – serap mana nya, selesai.


Lalu apa aj yang diberikan item ini :

- Sedikit tambahan HP ( sedikit! Untuk harga yang mahal )
- Sedikit tambahan mana juga
- DPS ( extra damage ) untuk target yang terkena disable
- True sight di level 3


Kesimpulan :

Item2 disable masih lebih menguntungkan / memberikan lebih untuk tim.


DAGON


Kelebihan:

Menambah kapasitas. Tambahan nuke lagi dengan damage yang hampir setara dengan FoD ( dagon level 5 )

Kekurangan :

Sama dengan Necro, untuk mendapatkan potensi terbesarnya km perlu meng-upgrade nya sampai level 5. Menghabiskan ribuan gold untuk membunuh potensimu sendiri, melupakan potensi disable mu.


Tidak menambah mana regen, sementara mana cost dagon lumayan gede, belum lagi mana yang km butuhkan untuk menggunakan spell2 lain. Untuk level 1 dagon saja ( 400 damage ), dengan ribuan gold yang km keluarkan, masih kalah dari skill laser nya tinker yang bisa didapatkannya di level 5 dengan GRATIS.

FoD sudah lebih dari cukup untuk sekedar mendapatkan ‘one hit - kill’, kamu tidak akan terlalu membutuhkan item ini lagi untuk mendapatkannya.

Kesimpulan :
Item2 disable masih lebih menguntungkan / memberikan lebih untuk tim


    • Spoiler untuk 
      REJECTED ITEM!!






      ITEM DPS / DAMAGE / BASH


      Attack speed mu payah.


      REFRESHER ORB


      FoD termasuk Ulti yang paling ditakuti. Tapi apa karena itu membuat cooldown nya lama? Meski paling ditakuti sekalipun, ulti ini termasuk ulti yang cooldown nya singkat. Sama sekali ga butuh item ini.




      LATE STRATEGY

      Late game, komunikasi dengan tim sangat penting. Kali ini nge-bokong ga akan sama seperti sebelumnya. Atau bahkan sudah tidak berguna lagi, Karena late game adalah waktunya untuk PUSH.

      Hero INT / Nukers lemah di late game, selalu saja terdengar kalimat itu. Tidak sepenuhnya benar, yang lemah adalah hero yang hanya punya ‘nuke’ saja, tapi di late game, siapapun yang punya disable, dia lah yang perlu diwaspadai.

      Disabler adalah musuh para carry, sampai late game sekalipun, klo terkena disable, DPS mereka ga akan berguna. Kecuali klo mereka punya kemampuan untuk ‘magic immune’ / block spell , itu caritanya beda lagi.

      Saat war Selalu tentukan siapa yang akan menjadi target pertama kalian. Harusnya yang paling berbahaya atau carry nya. Jadi disable2 mu fokus untuk ke target kalian itu.

      Haruskah menggunakan ulti di awal WAR ? itu tergantung, kalau ada carry nya Harap lakukan!, tapi hati-hati juga, jangan gunakan dulu kalau temannya ada yang bisa heal. Selain itu juga gunakan untuk hero yang HP nya sudah tipis bgt, selama carry tim mu udah jadi, gold udah bisa dibagi rata ^^.

      Cooldown Ultimu hanya 55 detik, termasuk singkat untuk ulti yang sangat berguna. Selalu gunakan setiap kali ‘bisa’ digunakan. Tidak masalah kalau kamu tidak mendaptkan KILL, tujuannya bukan itu kok, tapi ‘nyicil’, mempermudah membunuh target oleh teman2 mu.




      FRIENDS

      SOLO HERO


      Kalau se-lane dengan mereka, kamu boleh meninggalkan mereka untuk roaming. Mereka bisa mengatasi lane sendirian kok.


      COMBO SPELLS


      Mereka membantu nyicil HP target 'disable' mu dengan sangat CEPAT


      MELEE KILLERS


      Mereka sangat mengandalkan disable-disable mu untuk nge-KILL, bantu mereka ‘menjangkau’ target nya, selebihnya tuh urusan mereka.


      GANKERS!!


      Nah.. sebaiknya kamu selalu ada disekitar mereka2 ini.



      ENEMIES

      SILENCER


      OMG, kamu ga mungkin kabur tanpa disable mu.


      BLOCK SPELL


      Mereka bisa nge-block spell2 mu, termasuk FoD. Artinya km rugi mana juga.


      NERUBIAN ASSASSINS


      Klo dia main solo, itu berbahaya, semakin cepat dia punya ulti, akan semakin berbahaya. Dia punya disable yang sama dengan mu, jadi meski kamu solo melawan dia, dia TIDAK mudah dikuasai. Kamu menghisap Mana nya, selanjutnya dia nge-burn manamu. Bahkan dia bisa membunuhmu SANGAT CEPAT klo tidak berhati2, dia counter nya Lion.


      Pugna


      Kalau nether ward sudah terpasang, Finger of death akan mematikan untukmu!


      HERO YANG BAKAL SULIT KAMU BUNUH!


      Sebaiknya bokong dia bareng stunner juga. Jangan beri dia kesempatan untuk healing. Pokoknya jangan gunakan FoD, klo km merasa belum cukup untuk membunuhnya.




      CLOSING

      Hero ini sangat berperan di kemenangan tim. Di early game sebagai ganker, killer nya tim dengan damage spell yang sangat mengerikan. Peran ganker di tim sangat baik, terutama karena mereka membuat musuh2 ketinggalan level dan item. Sampai di Late game peran lion adalah Support, dengan double atau bahkan triple disable sangat membantu kemenangan di War.


      *Sekian *
      Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
      Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

      Terima Kasih :)
       

      Tidak ada komentar:

      Poskan Komentar