Minggu, 19 Agustus 2012

Keuntungan Memiliki Kebun Sendiri Di Rumah


Keuntungan Memiliki Kebun Sendiri Di Rumah

Berkebun di rumah atau di lahan yang cukup luas, bisa juga dijadikan ajang berlibur. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak-anak. Ada tiga Keuntungan Memiliki Kebun Sendiri Di Rumah (urban farming) ini, kata Arsitek Ridwan Kamil atau kerap disapa Kang Emil, yaitu:
Keuntungan Memiliki Kebun Sendiri Di Rumah

1. Ekologi 
Ingatan anak-anak mengenai  bermacam-macam bentuk daun, berbagai jenis akar, nama bunga dan bagian-bagiannya, nama buah dan bagian-bagiannya hanya sebatas hafalan di Sekolah Dasar. Tetapi apa  manfaat cacing yang hidup di tanah dan rantai makanan yang terjadi mungkin mereka lupa. Disinilah anak bisa belajar mengenai tumbuhan dan bagaimana tanaman itu bisa tumbuh.

2. Edukasi
Selain pelajaran biologi diatas, pelajaran yang dapat diambil adalah memunculkan kreativitas pada anak. Bagaimana cara anak menanam dan merawat tanamannya agar tumbuh subur sampai siap untuk dipanen nantinya.

3. Ekonomi
Merujuk pada hasil akhir berkebun yang sukses, pastinya panen akan berlimpah, dan bisa dikonsumsi kelurga. Kalaupun tetap berlebih, hasil panen bisa dijual dengan dititipkan  pada tukang sayur ataupun dijual.
Memiliki Kebun Sendiri Di Rumah http://jadigitu.com

Kang Emil menambahkan, melalui urban farming ini, dia mengajak untuk menciptakan Indonesia yang hijau dan bisa menjadi produsen utama sayuran.

Adanya taman di rumah membuat Anda memiliki kegiatan baru yang menyenangkan. Anda dapat menjadikannya sebagai hobi atau hanya sekedar membuat taman kecil yang simpel dan hanya membutuhkan perawatan sekali sehari. Menurut peneliti, ini adalah salah satu bentuk olahraga yang baik bagi tubuh, dan bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Memiliki kebun juga bisa menjadi salah satu pemicu Anda untuk mengonsumsi makanan sehat. Anda bisa memakan makanan dari kebun sendiri, tentunya makanan yang dikonsumsi lebih segar dan lebih sehat dibandingkan makanan yang Anda beli di supermarket. Cobalah tanam beberapa jenis bumbu dapur dan sayuran yang mudah dirawat, dengan ini Anda juga bisa sekalian menghemat pengeluaran dapur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar