Selasa, 21 Agustus 2012

Harimau Terbang


Harimau Terbang
 (Hanzi tradisional: 飛虎隊; Hanzi sederhana: 飞虎队; Hanyu PinyinFēi Hǔ Duìbahasa Jepang: フライング・タイガース) adalah nama julukan untuk American Volunteer Group (AVG), yaitu sekelompok penerbang dan teknisi udara yang berasal dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Korps Marinir Amerika Serikat, yang dibentuk berdasarkan perintah rahasiaPresiden Roosevelt pada tahun 1941.
Kelompok suka-relawan tersebut direkrut oleh aviator Angkatan Udara Claire Lee Chennault, berupa suatu kelompok penerbang yang terdiri dari tiga skuadron tempur yang berlatih di China. Tugas mereka ialah melawan Jepang dalam mempertahankan jalur pasokan barang dari Burma ke China, yaitu pada saat sebelum Amerika Serikat terlibat langsung dalam Perang Dunia II.
Ketiga skuadron dengan menggunakan pesawat P-40 dan melaksanakan taktik "pengejaran defensif" Chennault, berhasil menjaga Jalur Burma, Rangoon, dan lokasi-lokasi strategis lainnya di Asia Tenggara dan China barat dari serangan Japang, karena pada saat itu China hanya sedikit sekali memiliki pesawat tempur modern.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar