Kamis, 02 Agustus 2012

Filipina Beli 2 Kapal Tempur Italia


Jum'at, 03 Agustus 2012 10:38 wib
Foto : Kapal perang Maestrale (miltary-defence)
Foto : Kapal perang Maestrale (miltary-defence)
MANILA - Filipina membeli dua buah kapal tempur buatan Italia untuk meningkatkan kapabilitas pertahanan maritimnya. Kapal itu adalah kapal tempur frigate kelas Maestrale yang dilengkapi oleh senjata anti-kapal selam dan anti-serangan udara.

"Langkah ini merupakan bagian dari program modernisasi  Angkatan Bersenjata Filipina. Kapal itu merupakan kapal perang, yang kami cari adalah benar-benar alat untuk berperang," ujar Menteri Pertahanan Filipina Voltaire Gazmin, seperti dikutip CBN, Jumat (3/8/2012).

Kapal frigate itu digunakan oleh Italia pada 1980 silam, dan saat ini Angkatan Laut Filipina masih menunggu persetujuan dari kontrak pembelian itu. Kapal itu pun dipastikan akan dikirim ke Filipina pada November mendatang, setelah diperbaharui.

"Kapal ini masih beroperasi dan digunakan oleh Angkatan Laut Italia. Kapal itu akan diperbaiki dan dirombak terlebih dulu," tambahnya.

Selama ini, Filipina lebih sering membeli kapal tempur dari Amerika Serikat (AS), seperti halnya kapal cutter kelas Hamilton. Pembelian kapal tempur Italia juga akan berfungsi untuk memperkuat postur pertahanan Filipina.

Pembelian kapal tempur itu dilakukan bersamaan dengan memanasnya sengketa wilayah antara China dan Filipina. Perseteruan dan kecaman-kecaman seringkali muncul antara kedua negara yang memperbutkan Dangkalan Scarborough di Laut China Selatan. Bersama dengan itu, China juga masih meningkatkan kekuatan militernya, terutama di sisi maritim.(AUL)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar