Minggu, 19 Agustus 2012

Cara Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa

http://www.jadigitu.com/
Selama berpuasa, tubuh tak mendapat asupan cairan selama 13 jam. Tentu saja ini sangat berpotensi menyebabkan dehidrasi. Terlebih jika kondisi cuaca sedang panas menyengat dan Anda melakukan banyak aktivitas.

Dehidrasi merupakan hilangnya sejumlah besar air dalam tubuh yang dapat menimbulkan berbagai efek negatif bagi kesehatan. Misalnya, kejang otot, kelelahan, sakit kepala, mulut kering dan mual, serta daya respons rendah. Dalam kasus ringan, dehidrasi dapat membuat ketidaknyamanan, sedangkan dalam kasus yang parah bisa mengancam nyawa. Untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan, berikut ini beberapa tip yang dapat Anda lakukan.

Minum Air Putih yang Cukup
Ketika sudah diperbolehkan makan, antara terbenamnya matahari hingga terbitnya mentari, minumlah air putih yang cukup, sekitar 1,5 sampai 2 liter. Agar tak kembung, ahli menyarankan, minumlah dengan perlahan.

"Jika Anda tak suka minum air putih, berilah sedikit perasan lemon, atau air mawar, atau air buah," kata Farah Naja, ahli gizi dari Universitas Amerika Beirut.

Hindari Teh dan Kopi
Minum kopi saat sahur mungkin menjadi ide yang menarik agar tetap terjaga, namun ahli diet menyarankan ini sebaiknya tak dilakukan. Kopi, seperti halnya teh, dapat mendorong produksi air seni yang menyebabkan tubuh kehilangan air.

Selain itu, pada jam-jam pertama, kopi memang memacu energi, tapi setelah efeknya mereda, minuman tersebut justru membuat lemas. "Kafein dapat memberikan aliran energi, namun setelahnya Anda akan menjadi sangat lelah," ujar Naja.

Bagi Anda yang terbiasa minum kopi, berhenti minum kopi tiba-tiba tentu memberi efek yang tidak nyaman. "Berhenti tiba-tiba dapat membuat mereka mengalami sakit kepala parah. Untuk mereka, saya sarankan mulailah menggeser waktu minum kopi. Minumlah saat matahari terbenam," katanya. Selain kopi dan teh, minuman lain yang perlu dihindari adalah minuman bersoda dan minuman manis, seperti soda dan jus.

Konsumsi Buah dan Sayuran
Makanan yang Anda konsumsi juga berperan dalam mencegah dehidrasi di siang hari. Ahli gizi menyarankan banyaklah makan buah dan sayuran yang mengandung banyak air.

Selain mencegah dehidrasi, makanan tersebut juga membantu pencernaan. Buah-buahan dapat membantu memerangi sembelit pada hari-hari pertama berpuasa akibat kurangnya konsumsi air, jadwal makan yang berubah, dan menurunnya aktivitas fisik.

Para ahli gizi itu juga menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak garam sebisa mungkin.

Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan
Di samping memperhatikan apa yang dikonsumsi, orang yang berpuasa juga disarankan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Namun bagaimana jika Anda bekerja di luar ruangan?

"Anda harus mengenakan pakaian yang cerah dan menutupi kepala Anda," kata Lana Fayed, ahli gizi dari Low Cal Diet Clinic di Beirut. Dia menjelaskan, menaruh handuk basah di kepala dapat membantu Anda tetap sejuk.

Dari berbagai tip di atas, Gassan al-Rayes, imam Masjid Abi Bakr al-Sadik di Downtown, Beirut, menambahkan saran untuk mengkonsumsi tiga biji kurma. Memakan biji kurma seperti yang dilakukan oleh nabi dapat membantu menekan nafsu makan dan membuat diet menjadi seimbang.

Menurut dia, puasa jika dilakukan dengan tepat dapat membuat tubuh lebih sehat dibanding diet yang biasa dilakukan banyak orang. Namun demikian, dia tidak ingin orang-orang melupakan pentingnya spirit bulan Ramadan. "Berpuasa di Ramadan itu sama sucinya dengan salat," katanya.
Sumber: http://www.jadigitu.com/2012/07/tips-mencegah-dehidrasi-selama-berpuasa.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar