Selasa, 21 Agustus 2012

Apa Makna Sujud dan Duduk Tilawah?


Apa Makna Sujud dan Duduk Tilawah?

Namun disini saya akan membahas makna dari 2 bagian dari shalat yaitu SUJUD dan Duduk di antara dua sujud. Belum lama ini saya mendapatkan makna tentang dua hal tersebut. Maka tidak ada salahnya kan kalau kita berbagi pengetahuan?Oke, kita mulai dari Sujud pertama. Sujud pertama mempunyai arti yaitu kita sujud di atas tanah yang memang merupakan asal mula kita. Kepala kita yang sangat kita hargai kita bahkan rela menyetarakannya dengan tanah yang di injak injak. Dan kesimpulannya ialah, Allah menciptakan manusia dari tanah dan tiada yang mustahil baginya.

Lalu, setelah kita sujud, maka kita akan bangkit lagi untuk duduk di antara dua sujud. Pada proses ini, kita akan membaca doa “Rabbigfirlii Warhamnii Wajburnii Warfa’nii Warzuqnii Wahdinii Wa’aafinii Waffu’annii”. Nah, pada proses ini, kita telah diciptakan dari tanah lalu kemudian kita hidup di dunia dan meminta kepada Allah suatu hal yakni ampunan, belas kasihan, derajat, rezeki, petunjuk, dan kesehatan. Doa ini sangatlah bagus menurut saya.
Setelah itu, kita akan melakukan sujud lagi sebagai tanda bahwa kita akan kembali lagi menjadi tanah dan tidak ada yang bisa mengelaknya karena Allah telah menentukan kapan ajal kita. Ingat, sujud juga mempunyai banyak manfaat yakni salah satunya mencegah perbuatan sombong. Karena di dalam sujud kita membaca doa “Subhaana Rabbial A’laa Wabihamdihii” yang artinya kita memuji Tuhan kita yang Maha Tinggi dan tiada yang setara denganNya.
Nah, mungkin sekarang kita telah mengerti bahwa kita tidak asal sujud dan duduk saja. Tapi itu semua mempunyai arti dan bermakna sekali dalam kehidupan kita kalau kita ingin berfikir. Dan mungkin sekian untuk kesempatan kali ini. Jika ada salah kata mohon dimaafkan. Dan semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar