Sabtu, 18 Agustus 2012

7 Tips Atasi Susah Tidur (Insomnia)


Insomnia
Wanita insomnia

Serba 7 - 7 Tips Atasi Susah Tidur (Insomnia) - Untuk mengatasi gejala insomia, diperlukan panduan kebiasaan tidur yang sehat. Apa sajakah? Berikut ini saran dari Dr Andreas Prasadja RPSGT Sleep Disorder Clinic, RS Mitra Kemayoran, Jakarta Pusat.
  1. Cukupi kebutuhan tidur, setidaknya adalah delapan jam per hari.
  2. Sembilan jam sebelum tidur, sebaiknya hindari konsumsi minuman penambah energi maupun yang mengandung kafein seperti kopi, teh. BilaMoms ingin mengonsumsi kopi atau teh, sebaiknya lakukan pagi hari. Karena kafein baru hilang dari peredaran darah setelah sembilan - 12 jam. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk.
  3. Buang kebiasaan merokok, meski kandungan nikotin yang ada pada rokok hanya bekerja selama 30 menit, namun nikotin ini memiliki zat adiksi yang kuat, sehingga orang yang sudah kecanduan rokok bisa-bisa tengah malam terbangun hanya karena ingin merokok dan tentu saja ini mengganggu tidur. 7 Tips Atasi Susah Tidur (Insomnia)
  4. Jangan mengonsumsi alkohol, karena alkohol bisa memberi efek ingin buang air kecil terus menerus pada malam hari.
  5. Makan dan minum secukupnya, supaya tidak kekenyangan dan kelaparan pada malam hari.
  6. Sebaiknya olahraga (gym) jangan dilakukan pada malam hari! Disarankan tiga jam sebelum tidur, Anda sudah selesai berolahraga. Olahraga memang membuat tubuh lelah, tapi justru meningkatkan kadar adrenalin yang menyegarkan otak.
  7. Sejam sebelum tidur, tinggalkan semua pekerjaan dan biasakan untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan namun bersifat santai seperti mendengarkan musik. Hindari aktivitas yang membuat kita “excited”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar