Rabu, 22 Agustus 2012

10 Stadion Unik di Dunia

            
      Banyak stadion di seluruh dunia yang memiliki desain spektakuler, seperti stadion-stadion baru pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.
Stadion memberikan kebanggaan kepada negara-negara di mana mereka berada. Namun ada beberapa stadion di mana terjadi kegagalan dari segi arsitek tetapi ada beberapa adaptasi yang sangat cerdas untuk memaksimalkan pemandangan sekitarnya hingga membuat mereka terlihat unik dan sedikit agak aneh.

1. Venezuela, Caracas
Caracas
 bolivia-stadium
"Cocodrilos Sports Park" adalah sebuah stadion multi guna. Saat ini digunakan terutama untuk pertandingan sepak bola dan juga merupakan markas dari Caracas FC. Stadion ini memiliki kapasitas 3.000 orang dan tempatnya terletak di samping jalan raya.

2. Braga-Rocky, Portugal 
braga-rocky-stadium
 bragarockystadium
  Salah satu stadion paling mahal dan paling aneh di Portugal. Proses pembuatan Stadion dengan cara memapas batu dan cadas yang sangat luas ini menghabiskan biaya sekitar $ 122.000.000 , jauh di atas harga stadion baru yang dibangun untuk kejuaraan sepak bola Eropa pada tahun 2004. Stadion ini sering dianggap salah satu stadion yang paling asli dan indah di dunia.

  
3.Marina Bay, Singapura




Dibangun dengan konstruksi baja, lapangan ini mengambang di atas air. Panjangnya 390 kaki dan lebar 270 kaki, bisa menampung hingga 9000 penonton atau total beban seberat 1070 ton. Kapasitas kursi penonton sendiri mampu menampung hingga 30.000 orang. 
4. Faroe Island
Hampir serupa dengan stadion di Singapura, demikian pula stadion yang terletak di Faroe Island ini sangat dekat dengan lautan. Posisinya di antara  Laut Norwegia dan Samudera Atlantik Utara.
Tim sepak bola nasional negara ini menggunakan stadion yang satu ini untuk bertanding melawan tim nasional lainnya. Sehingga, pengumpul bola (anak gawang) ada yang bersiap di atas perahu, menjaga bila bola menyasar ke laut lepas.
  
5. Eco-Stadium, Brazil

Di Curitiba, Brazil ada sebuah stadion yang dibuat dengan konsep 'hijau'. Kursi stadion 'ditempel' di lereng gunung, tanpa pondasi semen sedikit pun. 6000 total penonton bisa ditampung di tempat ini. Hebatnya lagi, kayu-kayu hasil recycle jadi bahan baku stadion ini.
6.  Kroasia Gospin Dolac
 croatia-stadium
croatia-stadium-2
imotski  
Kroasia Gospin Dolac adalah sebuah stadion di Imotski. Dibangun pada tahun 1989 dan berfungsi sebagai stadion pertandingan juga markas dari NK Imotski klub. Stadion ini memiliki kapasitas 4.000 penonton.

7. Bulgaria FC Chernomorets Balchik
bulgarian-stadium  
Bulgaria FC Chernomorets Balchik klub sepak bola dari kota Balchik, saat ini bermain divisi dua sepak bola Bulgaria. Tim ini memainkan pertandingan kandangnya tersebut pada "Stadion Balchik" lokal dengan 6.000 dari kursi paling jelek yang pernah ada di Liga propesional Eropa.

 8. Norwegia FC Aalesund old 
norway-strange-stadium norway-strange-stadium-3 norway-strange-stadium-2  
stadion itu sangat aneh dengan teras di atas bukit. Klub membangun stadion baru di tahun 2005. Ini juga merupakan stadion dari pertandingan Premier Woman Norwegia Liga.
9. Osaka Stadium, Jepang
Di Osaka, ada stadion milik tim baseball Nankai Hawks. Stadion ini terletak di pusat kota Osaka, dengan kapasitas 31379 tempat duduk.
Di tahun 1988, stadion ini dijual ke sebuah perusahaan, Daiei Group. Tim Nankai pindah ke Fukuoka. Walhasil, Stadion Osaka jadi terbengkalai. Akhirnya 'bekas' stadion ini jadi pusat pertokoan yang unik.

10. StadionMmabatho,Afrika selatan
google-eart-stadium southaf-stadium south-af-stadium-2
  Afrika Selatan Mmabatho Stadion adalah sebuah stadion multi-tujuan di kota Mafikeng Saat ini digunakan terutama untuk pertandingan sepak bola. Stadion ini memiliki 59.000 orang dan dirancang dan dibangun pada tahun 1981 oleh sebuah perusahaan konstruksi Rusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar