Kamis, 26 Juli 2012

Wah! Siswa SMK Rancang Moge 500 CC


KOMPAS.com/Achmad FaizalSiswa SMK Jatim merancang motor gede.
SURABAYA, KOMPAS.com — Siswa SMK ternyata tidak hanya andal dalam perakitan kendaraan roda empat. Baru-baru ini, siswa SMK dari sejumlah sekolah di Jawa Timur berhasil merancang sebuah motor gede (moge) berkapasitas 500 cc bergaya chopper.

Moge yang dibuat dengan biaya Rp 20 juta itu, kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Harun, dirancang oleh siswa-siswa jurusan Otomotif, yakni Aji Susilo, Aris Dita, dan Dwi Purnomo dari siswa PGRI 2 Kabupaten Ponorogo; serta Dedek Wahyu dari SMK Panti Pamardi, Kabupaten Ngawi.

Perancangan moge itu, kata Harun, menghabiskan waktu selama lebih kurang 5 bulan di UPTD PPPK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Surabaya. ''Moge ini tidak untuk dikomersialkan. Tujuannya murni untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan,'' katanya, Kamis (26/7/2012).

Mesin moge itu adalah hasil restorasi mesin mobil Honda Life produksi tahun 1970-an. Mesin moge berjalan dengan mesin dua silinder dipadu bodi motor buatan sendiri. ''Kapasitas mesin yang awalnya hanya 350 cc juga dimodifikasi menjadi 500 cc,'' tambah Harun.

Motor bermesin yang dipoles dengan warna dasar merah plus hiasan cat bercorak lidah api ini dibuat irit bahan bakar. Setiap satu liter bensin dapat dipakai untuk perjalanan sejauh 25 kilometer. ''Yang paling menarik, raungan mesin moge ini hampir sama dengan motor Harley buatan Amerika,'' cetusnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar