Jumat, 27 Juli 2012

JANGAN REMEHKAN TAUGE!


THURSDAY, AUGUST 19, 2010

Sayuran yang berasal dari biji-bijian ini rasanya krenyes..krenyes renyah. Banyak yang bilang, kalau tauge membantu kesuburan pria maupun wanita. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian tauge diduga bisa melumpuhkan sel-sel kanker yang ada pada tubuh. Penasaran?

Tidak sedikit orang yang memandang sebelah mata terhadap sayuran tauge. Ada yang megatakan kalau ini adalah sayuran yang 'ndeso' ada juga beberapa orang tidak menyukainya karena aromanya yang sedikit langu. Padahal berdasarkan penelitian, tauge memiliki manfaat yang cukup baik untuk tubuh.

Banyak yang mengatakan kalau tauge membantu kesuburan baik pria maupun wanita. Sebenarnya tidak hanya itu saja, tauge mengandung senyawa yang bisa melumpuhkan bibit penyakit kanker. Mulai dari kanker usus, pankreas, dan juga leukimia. Senyawa yang dimaksud adalah canavanine, sejenis asam amino.

Tauge juga mengandung estrogen yang dapat meningkatkan kepadatan susunan tulang, serta mencegah kerapuhan tulang. Para wanita sangat dianjurkan mengkonsumsi tauge untuk menghindari terkena kanker payudara, gangguan saat menstruasi, hingga mencegah terhjadinya menopouse karena tulang yang rapuh tidak terjaga.

Kandungan serat dan air yang tinggi di dalam tauge, membuat sistem pencernaan bekerja dengan sangat baik. Kotoran dalam usus besar dapat terbuang dengan mudah. Karena kalau kotoran ini mengendap terlalu lama, tubuh tidak akan menyerap sari-sari makanan, tapi justru racun. Inilah yang menjadi pemicu terjadinya kanker.

Saat puasa seperti ini, tauge sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan juga berbuka puasa. Karena selama puasa asupan air dan serat pastinya berkurang, untuk itu perlu asupan makanan yang bisa memberikan kedua kebutuhan itu. Salah satunya dengan sayuran tauge.

Tauge sangat mudah ditemukan dan harganya pun cukup terjangkau. Tauge bisa dimasak dengan cara ditumis dan diberikan campuran daun kucai. Santap sahur sehat, dan juga mudah. Coba saja! ( eka / Odi )

Sumber: detikfood

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar