Jumat, 27 Juli 2012

5 EFEK SAMPING PEMAKAIAN KONTRASEPSI


TUESDAY, JULY 26, 2011

Jakarta - Ada berbagai jenis alat kontrasepsi yang bisa dipilih wanita untuk menunda atau mencegah kehamilan. Jika Anda memilih kontrasepsi hormonal seperti pil, biasanya akan ada berbagai efek samping yang bisa menganggu.

Berikut ini lima efek samping kontrasepsi hormonal seperti dikutip dari Health:

1. Sakit Kepala, Pusing dan Kekencangan Payudara
"Efek samping ini bisa terjadi setelah Anda mengonsumsi pil," ujar dokter kandungan Hilda Hutcherson yang juga profesor di Universitas Columbia, New York. Jika efek samping tidak juga hilang setelah beberapa kali mengonsumsi pil tersebut, Hilda menyarankan untuk mencoba merek lain dari pil kontrasepsi.

2. Mual
Gejala ini biasanya akan hilang setelah beberapa bulan. Namun jika tidak dan Anda menggunakan pil sebagai kontrasepsi, cobalah mengonsumsinya dengan makanan. Kalau Anda memakai kontrasepsi cincin vagina (cincin yang dilapisi hormon kemudian dimasukkan ke dalam vagina) atau patch (sejenis koyo yang ditempelkan di lengan atas bagian belakang, perut bagian bawah atau bokong), cobalah metode kontrasepsi lain jika mual masih saja terjadi.

3. Pendarahan
"Menurutku, dibandingkan efek samping lain, pendarahan adalah efek samping yang membuat wanita paling stres," ujar Dr. Hutcherson. Hal itu karena pendarahan itu tidak bisa diprediksi datangnya.

Pendarahan ini bisa terjadi pada mereka yang menggunakan implan atau pil. Untuk Anda yang mengalaminya dan merasa pendarahan itu, meskipun hanya flek, sudah mengganggu, segeralah konsultasi ke dokter kandungan.

4. Libido Menurun
Efek samping keempat ini dialami oleh wanita yang memakai pil sebagai alat kontrasepsi. Pil membuat libido wanita menurun karena obat tersebut diduga menurunkan kadar testosteron.

"Untuk beberapa wanita, jika Anda mengganti pil tersebut, biasanya libido mereka akan kembali," jelas Dr. Huctherson.

5. Mood yang Berubah-ubah
"Menurut pengalamanku, jika seorang wanita mengalami depresi karena mengonsumsi pil KB, biasanya mengganti jenis kontrasepsi yang dipakai juga tidak membantu," tutur Dr. Hutcherson.

Menurutnya, semua metode kontrasepsi hormonal memiliki efek samping yang mirip. Untuk beberpa orang yang memang ingin tetap terus mengonsumsi pil sebagai alat kontrasepsi, Dr. Hutcherson biasanya memberikan mereka resep obat anti depresi.
(eny/hst)
sumber:wolipop.co

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar